MOTOGP

Inilah 3 Pebalap Spanyol Yang Pernah Juara Dunia MotoGP

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 19/11/2017 23:38 WIB


Inilah 3 Pebalap Spanyol Yang Pernah Juara Dunia MotoGP
Om Kumis - Ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP 2017 baru saja berakhir. Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, memastikan diri meraih gelar juara dunia MotoGP 2017. Rider berjuluk Baby Alien itu menjadi juara dunia MotoGP setelah memuncaki klasemen akhir dengan perolehan 298 poin, unggul 36 poin dari pesaing terdekatnya, Andrea Doviozo yang berada di peringkat kedua. Dengan kemenangan ini,  Marquez sukses mempertahankan gelar juara dunia MotoGP yang juga diraihnya musim lalu.

Dengan gelar juara dunia MotoGP 2017 yang baru saja diraihnya tersebut membuat Marc Marquez tercatat telah mengoleksi empat gelar juara dunia MotoGP sepanjang karir balapnya. Raihan empat gelar juara dunia MotoGP tersebut sekaligus membuat Marquez menjadi pebalap Spanyol yang paling banyak meraih gelar juara dunia MotoGP sepanjang sejarah.



Spanyol memang dikenal sebagai negara yang banyak melahirkan pebalap motor berbakat dan berkualitas. Selain Marc Marquez, tercatat ada dua pebalap lain yang sebelumnya pernah menjadi juara dunia MotoGP. Siapa saja pebalap Spanyol yang pernah meraih gelar juara dunia MotoGP? Yuk, langsung saja simak rangkuman khas Omkumis di bawah ini.

1. Alex Criville

Kredit Foto: Motorsport-Magazin.com

Pebalap Spanyol pertama yang meraih gelar juara dunia di kelas premier (500cc). Alex Criville menjadi juara dunia GP pada tahun 1999 bersama tim Repsol YPF Honda. Criville menjadi juara dunia setelah mengumpulkan 267 poin di akhir klasemen dengan mengungguli pesaing terdekatnya, Kenny Roberts, Jr., dan Tadayuki Okada. Gelar juara dunia GP 500cc ini merupaka gelar juara dunia kedua Alex Criville setelah sebelumnya ia meraih gelar juara dunia di kelas 125cc pada tahun 1989. 


2. Jorge Lorenzo

Kredit Foto: sports.ru

Jorge Lorenzo adalah pebalap Spanyol kedua yang sukses meraih gelar juara dunia di kelas utama 500cc. Jorge Lorenzo meraih gelar juara dunia MotoGP pertamanya pada tahun 2010 bersama tim Fiat Yamaha. Kemenangan itu sekaligus memutus dominasi Valentino Rossi yang dua tahun berturut-turut menjadi juara dunia. Pebalap berjuluk X-Fuera ini tak cuma sekali menjadi juara dunia. Lorenzo kembali meraih gelar juara dunia MotoGP pada tahun 2012, sekaligus  menahbiskan diri menjadi pebalap Spanyol pertama yang meraih gelar juara dunia di kelas premier lebih dari sekali. Lorenzo menambah koleksi gelar juara dunia MotoGP menjadi tiga kali setelah menjuarai MotoGP 2015 lalu.

3. Marc Marquez

Kredit Foto: Cavallivapore.it

Pebalap Spanyol ketiga yang pernah meraih gelar juara dunia di kelas premier 500cc adalah Marc Marquez. Pebalap berjuluk Baby Alien itu meraih gelar juara dunia pertamnya di kelas MotoGP pada tahun 2013, atau di musim debutnya berlaga di kelas MotoGP. Tahun berikutnya Marquez mengulangi kesuksesannya dengan kembali menjadi juara dunia MotoGP 2014. Kemenangan dua tahun beruntun ini membuatnya mencatatkann rekor baru sebagai pebalap termuda dan pebalap Spanyol pertama yang menjadi juara dunia dua kali berturut-turut. Gebrakan Baby Alien tak cukup sampai disitu saja, pebalap fenomenal yang lekat dengan rekor ini kembali menjadi juara dunia MotoGP pada tahun 2016 dan mempertahankan gelarnya di MotoGP 2017. Dengan demikian Marc Marquez telah mencatatkan rekor sebagai pebalap termuda sepanjang sejarah yang sukses memenangi empat gelar juara dunia MotoGP dan juga menjadi pemegang rekor pebalap termuda yang merebut enam kali juara dunia di seluruh kelas. Marquez menjadi pebalap Spanyol tersukses sepanjang sejarah.

Itulah tadi tiga pebalap Spanyol yang pernah meraih gelar juara dunia di kelas premier (500cc). Dari ketiga pebalap di atas, siapa rider asal Spanyol favorit kamu? Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak artikel menarik lainnya tentang ajang balapan MotoGP, langsung saja klik di sini.

Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}