Inilah Asal Mula Vincenzo Montella Dujuluki “L’Aeroplanino”

Admin
Admin,
Sabtu, 10/12/2016 23:53 WIB


Inilah Asal Mula Vincenzo Montella Dujuluki “L’Aeroplanino”
Om Kumis - Vincenzo Montella saat ini menjabat sebagai pelatih tim Serie A, AC Milan. Semasa masih aktif sebagai pemain, Montella dikenal sebagai predator ganas di kotak pinalti lawan. Montella terkenal sebagai striker yang haus gol.

Namun yang menarik adalah nama Montella semakin terkenal bukan karena caranya mencetak gol atau berapa jumlah gol yang dilesakkan ke gawang lawan, melainkan gaya selebrasinya usai menjebol gawang lawan.

Montella mempunyai gaya khas dalam merayakan golnya ke gawang lawan. Usai melesakkan bola ke gawang lawan, Montella lantas berlari dengan membentangkan kedua tangannya menyerupai bentangan sayap pesawat terbang. Gaya selebrasi Montella inipun kemudian mendunia, dan mulai banyak yang mengikuti gaya pesawat terbang tersebut.

Kredit Foto : twitter.com

Aksi selebrasi Montella yang khas ini kemudian membuat media menyebut Montella dengan julukan “L’Aeroplanino”. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, L’Aeroplanino berarti “Sang Pesawat Kecil”.

Puncak karir Montella adalah saat ia membela AS Roma selama delapan musim yaitu dalam rentang 1999–2009. Montella mengawali karir profesionalnya bersama Empoli yang saat itu masih berlaga di Serie C. Setelah meninggalkan Empoli dan bergabung dengan Genoa selama semusim, Montella hijrah ke klub Serie A, Sampdoria.

Kredit Foto : Getty Images via foxsports.it

Setelah tampil mengesankan dan tajam bersama Sampdoria, Montella berlabuh ke AS Roma pada tahun1999. Di klub asal ibu kota Italia ini, nama Montella semakin meroket. Montella meraih masa emasnya bersama AS Roma. Pada musim pertamanya Montella langsung tampil tajam dan menjadi top skor untuk klub berjuluk Giallorossi ini.

Di musim keduanya bersama Roma, Montella diplot sebagai pelapis bagi Gabriel Batistuta. Namun meskipun sebagai pelapis, Montella tetap tampil tajam dan sering menjadi aktor penting bagi kemenangan Roma lewat gol-golnya yang menentukan kemenangan. Montella sukses membawa Roma meraih scudetto pada musim 2010/2011.

Setelah sembilan musim di Roma, Montella mengakhiri karirnya sebagai pemain sepak bola profesional pada 2 Juli 2009. Montella mencetak 94 gol dalam 215 pertandingan bersama Roma.Montella lantas menekuni karir barunya di dunia kepelatihan.


Lihat info OmKumis lainnya di sini.