BASKET

Anak Basket Wajib Tahu! Inilah 5 Pebasket Yang Paling Sering Raih Gelar MVP Final NBA

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 19/06/2017 22:21 WIB


Anak Basket Wajib Tahu! Inilah 5 Pebasket Yang Paling Sering Raih Gelar MVP Final NBA
Om Kumis - Ketatnya kompetisi bola basket NBA musim 2016-2017 telah berakhir. Golden State Warriors sukses merebut titel juara NBA 2017 setelah secara perkasa mengalahkan Cleveland Cavaliers dengan agregat 4-1 dalam final NBA dengan format Best of Seven. Kemenangan itu semakin sempurna setelah bintang Golden State Warriors, Kevin Durant, dinobatkan sebagai alias pemain terbaik alias Most Valuable player (MVP) Final NBA 2016-2017.

Gelar pemain terbaik Final NBA atau yang dikenal dengan Bill Russell NBA Finals Most Valuable Player Award adalah penghargaan tahunan yang diberikan sejak laga final NBA 1969. Penghargaan tersebut diberikan kepada pemain yang dipilih oleh panel yang terdiri dari sebelas anggota media.


Gelar juara NBA sekaligus gelar MVP Final merupakan gelar pertama Durrant sepanjang karirnya di NBA. Nah, tahukah kamu siapa pebasket yang paling sering meraih gelar sebagai pemain terbaik pada final NBA alias MVP Final NBA sepanjang sejarah. Temukan jawabannya dalam rangkuman khas Omkumis di bawah ini.


1. Michael Jordan - 6 kali

Kredit Foto: pinterest.com

Siapa tak kenal dengan nama Michael Jordan. Pemain yang identik dengan nomor 23 ini adalah ikon Chicago Bulls, bahkan ikon NBA. Michael Jordan bisa disebut sebagai pebasket terbaik yang pernah ada di dunia. Chicago Bulls dibawanya meraih gelar juara NBA sebanyak enam kali. Dalam enam kali final yang dimenangkan Bulls, Michael Jordan selalu terpilih sebagai Pemain Terbaik. Pebasket berjuluk Air Jordan ini meraih gelar MVP Final NBA pada tahun 1991, 1992, 1993, 1996, 1997, dan 1998. Rekor enam kali MVP Final NBA bertahan hingga sekarang dan belum ada satupun pebasket yang menyamainya.


2. Magic Johnson - 3 kali

Kredit Foto: digo.do

Magic Johnson adalah legenda NBA yang telah meraih lima gelar juara NBA bersama Los Angeles Lakers. Pebasket yang nama aslinya adalah Earvin Johnson Jr ini mendapat julukan "Magic" sejak berusia 15 tahun karena skill Earvin Johnson yang di atas rata-rata pemain lainnya dan mengagumkan seperti seorang penyihir. Magic Johnson tercatat sukses menjadi Pemain Terbaik di laga Final NBA sebanyak tiga kali.  Tiga gelar MVP Final NBA itu diraihnya pada tahun 1980, 1982, dan 1987. Pada final 1980, Magic Johnson menjadi pemain termuda sepanjang sejarah yang meraih gelar MVP Final NBA, saat itu usianya masih 20 tahun.


3. Shaquille O'Neal - 3 kali

Kredit Foto: nba.com

Sepanjang karirnya, Shaquille O'Neal meraih gelar juara NBA sebanyak empat kali. Tiga kali didapatkannya bersama Los Angeles Lakers dan satu kali bersama Miami Heat. Shaq yang juga dikenal sebagai penyanyi rap ini tercatat sukses meraih gelar Pemain Terbaik di laga Final NBA sebanyak tiga kali, dan ketiganya saat ia masih bermain untuk Lakers.  Hebatnya adalah tiga gelar MVP Final NBA itu didapatkannya secara beruntun yaitu pada laga final NBA 2000, 2001, dan 2002. Dengan demikian hanya Shaq yang mampu menyamai rekor Michael Jordan yang meraih gelar MVP Final NBA selama tiga musim beruntun.


4. Tim Duncan - 3 kali

Kredit Foto: pinterest.com

Tim Duncan dikenal sebagai salah satu pemain San Antonio Spurs yang paling setia, dimana ia tak pernah berganti klub sepanjang karirnya. Sepanjang karirnya, Tim Duncan sukses membawa Spurs meraih gelar juara NBA sebanyak lima kali. Dalam lima laga final yang dimenangkan Spurs, pebasket yang identik dengan nomor punggung 21 itu dinobatkan sebagai  MVP Final NBA pada tahun 1999, 2003, dan 2005.


5. LeBron James - 3 kali

Kredit Foto: niketalk.com

LeBron James adalah pemain paling populer dan pemain terkaya NBA pada saat ini. Sepanjang karirnya LeBron James telah membawa dua klub yaitu Miami Heat dan Cleveland Cavaliers menjadi juara NBA. Pemain berjuluk King James ini meraih gelar MVP Final NBA sebanyak tiga kali. King James meraih gelar MVP Final NBA sebanyak dua kali bersama Miami Heat yaitu pada tahun 2012 dan 2013. Sementara satu gelar terakhir diraihnya saat membawa Cleveland Cavaliers menjadi juara NBA pada 2016 lalu.


Basket mania, itulah tadi lima pebasket yang paling sering meraih gelar Pemain Terbaik di laga Final NBA sepanjang sejarah. Diantara lima pemain itu, siapa pebasket idola kamu? Semoga informasi dari Omkumis diatas menambah wawasan basket mania. Kalau ingin tahu lebih banyak informasi olahraga lainnya, klik saja di sini.

Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}