SEPAKBOLA

Menilik Jejak 5 Pemain Swedia Yang Bermain Untuk Manchester United. Fans Setan Merah Wajib Tahu!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Jumat, 30/06/2017 21:22 WIB


Menilik Jejak 5 Pemain Swedia Yang Bermain Untuk Manchester United. Fans Setan Merah Wajib Tahu!
Om Kumis - Manchester United adalah klub tersukses dan terkaya di Inggris. Dalam sejarahnya, klub berjuluk The Red Devils ini pernah diperkuat oleh banyak pemain top dari seluruh dunia. Musim lalu Manchester United berhasil mendatangkan salah satu ikon sepak bola Swedia saat ini, yaitu Zlatan Ibrahimovich. Striker tajam yang terkenal kontroversial ini bergabung ke Old Trafford dengan status bebas transfer setelah memutuskan untuk hengkang dari Paris Saint Germain.

Baca juga: Inilah 10 Klub Sepak Bola Terkaya Dunia 2017 Versi Forbes. Manchester United Juaranya!

Zlatan Ibrahimovic bukanlah pemain pertama asal Swedia yang pernah membela Manchester United. Tahukah kamu, sebelum mantan kapten tim nasional Swedia ini berseragam Setan Merah, tercatat sudah ada tiga pemain yang berasal dari negara terbesar di Skandinavia ini yang pernah bergabung di Old Trafford. Setelah kontrak Zlatan Ibrahimovic di Old Trafford tidak lagi diperpanjang, musim ini Manchester United kembali mendatangkan pemain asal Swedia, yaitu Victor Lindelof.

Dengan demikian, tercatat ada lima pesepakbola asal Swedia yang pernah membela Manchester United. Nah, mau tahu siapa saja kelima pemain itu? Simak langsung rangkuman khas Omkumis di bawah ini.

1. Jesper Blomqvist

Kredit Foto: uefa.com

Pemain Swedia pertama yang bermain untuk Manchester United adalah Jesper Blomqvist. Pemain yang berposisi sebagai sayap kiri ini direkrut The Red Devils dari Parma pada 1998 dengan nilai transfer sebesar 4,4 juta poundsterling. Blomqvist dikenal sebagai winger lincah dengan skill tinggi dan memiliki kecepatan mengagumkan, sehingga ia digadang-gadang untuk menggantikan Ryan Giggs suatu saat nanti. Namun karir Blomqvist di Old Trafford tak berlangsung menyenangkan karena ia dihantam cedera lutut berkepanjangan. Blomqvist tampil dalam 38 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak satu gol selama karirnya di Old Trafford dalam periode 1998-2001. Salah satu kenangan terindah Blomqvist bersama Manchester United adalah saat ia tampil di laga final Liga Champions 1999 dan mengantar The Red Devils meraih treble winners.


2. Bojan Djordjic

Kredit Foto: goal.com

Pemain Swedia kedua yang bergabung ke Old Trafford adalah Bojan Djordjic. Fans Manchester United mungkin banyak yang nggak tahu banyak tentang kiprah Bojan Djordjic. Wajar saja, mengingat Djordjic hanya bermain sebanyak dua kali untuk tim senior United sepanjang karirnya di Old Trafford. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini bergabung ke Manchester United sebagai pemain muda pada tahun 1999 setelah direkrut dari klub asal Swedia, IF Brommapojkarna. Djordjic sempat digadang-gadang menjadi pilar masa depan Setan Merah mengingat kiprahnya yang mengesankan di tim muda Manchester United dimana ia sempat meraih gelar “Jimmy Murphy Player of the Year Award”, gelar untuk permain muda terbaik Manchester United. Namun selama lima tahun berstatus sebagai pemain Manchester Untied dalam periode 1999-2004, Djordjic lebih sering dipinjamkan ke klub lain.


3. Henrik Larsson

Kredit Foto: difangzhi.org

Pemain Swedia selanjutnya yang berkesempatan berseragam Manchester United adalah salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Swedia, Henrik Larsson. Legenda Glasgow Celtic dan mantan pemain Barcelona itu bergabung ke Old Trafford pada 2007 sebagai pemain pinjaman dari Helsingborg. Namun Larsson hanya menyepakati masa peminjaman selama tiga bulan saja, yaitu antara 1 Januari 2007 – 12 Maret 2007. Meskipun hanya seumur jagung membela The Red Devils, namun Larsson tampil impresif dan memberi kontribusi signifikan untuk Manchester United. Dalam 13 pertandingan bersama Setan Merah, Larsson sukses mencetak tiga gol. Hingga saat ini, fans Setan Merah masih sangat menghormati Larsson. Sementara itu Larsson mengaku bahwa ia menyesal karena ia tak memperpanjang kontraknya bersama Manchester United dan hanya bermain selama tiga bulan saja.


4. Zlatan Ibrahimovic


Kredit Foto: twitter.com

Salah satu kabar paling menghebohkan dalam bursa transfer pemain pada musim panas 2016 adalah bergabungnya Zlatan Ibrahimovic ke Manchester United. Striker terbaik Swedia itu memutuskan untuk tak memperpanjang kontraknya bersama Paris Saint-Germain dan memilih untuk bergabung dengan The Red Devils dengan status bebas transfer pada 1 Juli 2016. Sontak kedatangan striker yang dikenal arogan ini membuat fans Setan Merah bersuka cita. Jersey bernomor punggung 9 milik Zlatan Ibrahimovic pun laris manis diburu fans Setan Merah dan menjadi jersey Manchester United yang paling banyak terjual bersama dengan jersey Paul Pogba. Selama semusim di Old Trafford, Zlatan Ibrahimovic membuktikan ketajamannya dan menaklukkan kerasnya kompetisi Premier League dengan mencetak total 28 gol dalam 46 laga di semua kompetisi. Zlatan pun mengantar Manchester United meraih tiga trofi di musim pertamanya. Namun sayang, akibat cedera serius yang didapatnya jelang akhir musim membuat kontrak Zlatan tak diperpanjang Manchester United.

5. Victor Lindelof

Kredit Foto: manutd.com

Pemain Swedia terakhir yang bergabung dengan Manchester United adalah Victor Lindelof. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini resmi direkrut Manchester United dari Benfica pada musim panas 2017 ini. Manchester United mengikat bek berusia 22 tahun itu dengan kontrak berdurasi empat tahun.

Itulah tadi lima pemain asal Swedia yang pernah berseragam Manchester United. Adakah pemain idola kamu diantara kelima pemain tersebut? Kalau kamu ingin tahu lebih banyak artikel tentang sepak bola, klik saja di sini.

Baca juga: