SEPAKBOLA

Jerman Juara Piala Konfederasi 2017. Inilah Negara Yang Pernah Juara Piala Konfederasi

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 03/07/2017 14:55 WIB


Jerman Juara Piala Konfederasi 2017. Inilah Negara Yang Pernah Juara Piala Konfederasi
Om Kumis - Tim nasional Jerman sukses menjadi juara Piala Konfederasi 2017 yang berlangsung di Rusia. Die Mannschaft memastikan diri memenangi Piala Konfederasi 2017 setelah mengalahkan Chile dengan skor 1-0 dalam laga final yang berlangsung di Krestovsky Stadium, Senin (3/7/2017). Gelar juara Piala Konfederasi 2017 ini adalah gelar pertama untuk Jerman sejak kejuaraan ini diadakan pada 1992 silam.

Piala Konfederasi FIFA adalah kejuaraan sepak bola yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali, tepatnya setahun sebelum berlangsungnya Piala Dunia FIFA. Sebelum Piala Konfederasi 2005, kejuaraan ini diadakan setiap dua  tahun sekali.Kejuaraan ini diikuti oleh delapan negara yang terdiri dari enam negara pemenang dari kejuaraan konfederasi yang berada di bawah naungan FIFA (UEFA, CONMEBOL, CONCACAF, CAF, AFC, dan OFC) ditambah pemenang Piala Dunia terakhir dan negara tuan rumah Piala Dunia yang akan datang.

Delapan negara yang tampil dalam Piala Konfederasi 2017 adalah Australia (AFC), Selandia Baru (OFC), Chili (CONMEBOL), Meksiko (CONCACAF), Portugal (UEFA), Kamerun (CAF), Jerman (Juara Piala Dunia FIFA 2014), Rusia (Tuan rumah Piala Dunia FIFA 2018). Sebelum Jerman sukses menjadi juara Piala Konfederasi 2017 ini, tercatat ada lima negara yang pernah menjuarai kejuaraan ini. Mau tahu negara mana saja yang pernah menjuarai Piala Konfederasi dan berapa kali mereka menjuarainya? Yuk, simak rangkuman khas Omkumis di bawah ini.

1. Brasil  (4 kali)

Kredit Foto: twitter.com

Brasil adalah negara yang paling sering menjadi juara Piala Konfederasi, yaitu empat kali. Selecao menjadi juara pada tahun 1997, 2005, 2009, dan 2013. Pada tahun 1997 Brasil sukses menaklukkan Australia dengan skor telak, 6-0. Gelar kedua Brasil diraih usai mengalahkan musuh bebuyutan mereka, Argentina, dengan skor 4-1. Gelar ketiga Selecao diraih usai menaklukkan Amerika Serikat dengan skor 3-2. Sedangkan gelar terakhir atau gelar keempat tim Samba diraih pada 2013 silam usai menang atas Spanyol dengan skor 3-0.


2. Perancis ( 2 kali)

Kredit Foto: el-area.com

Perancis menjadi negara kedua yang paling sering menjadi juara Piala Konfederasi. Tim Ayam Jantan meraih gelar juara Piala Konfederasi dua kali secara beruntun yaitu pada tahun 2001 dan 2003. Perancis meraih Piala Konfederasi pertama kali pada 2001 setelah mengalahkan Jepang dengan skor 1-0. Sedangkan gelar kedua Les Blues diraih setelah mengalahkan Kamerun dengan skor 1-0 dalam kejuaraan yang digelar di Perancis.


3. Argentina ( 1 kali)

Kredit Foto: fifa.com

Argentina adalah negara pertama yang memenangi kejuaraan ini pada tahun 1992. Saat itu kejuaraan ini belum bernama Piala Konfederasi, melainkan masih bernama Piala Raja Fahd. Dalam final yang berlangsung di King Fahd II Stadium, Riyadh, Saudi Arabia, Argentina mengalahkan Saudi Arabia dengan skor 3-1.


4. Denmark ( 1 kali)

Kredit Foto: pinterest.com

Denmark adalah negara kedua yang berhasil menjuarai kejuaraan ini yaitu pada tahun 1995, saat kejuaraan ini masih bernama Piala Raja Fahd. Tim Dinamit ini sukses mengalahkan sang juara bertahan Argentina di laga final dengan skor tipis 1-0 di King Fahd II Stadium.


5. Meksiko (1 kali)

Kredit Foto: fifa.com

Meksiko baru satu kali menjadi juara Piala Konfederasi, yaitu padatahun 1999. Dalam kejuaraan yang digelar di Meksiko, tim tuan rumah akhirnya berpesta di kandang mereka sendiri setelah sukses menaklukkan sang juara bertahan, Brasil dengan skor tipis, 4-3.


6. Jerman (1 kali)

Kredit Foto: twitter.com

Jerman sukses menjadi juara Piala Konfederasi 2017 yang berlangsung di Rusia. Dalam final yang berlangsung di Krestovsky Stadium, Die Mannschaft sukses mengandaskan Chile dengan skor tipis, 1-0. Ini adalah gelar pertama yang diraih oleh tim Panser.

Itu tadi negara-negara yang pernah menjuarai Piala Konfederasi. Dari keenam timnas diatas, siapa klub favorit kamu? kalau ingin tahu lebih banyak informasi tentang sepak bola, klik saja di sini.

Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}