BASKET

Super Kaya! 4 Legenda NBA Ini Punya Saham di Klub Olahraga Profesional

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 23/10/2017 18:33 WIB


Super Kaya! 4 Legenda NBA Ini Punya Saham di Klub Olahraga Profesional
Om Kumis - Semua pecinta olahraga bola basket tentu tahu dengan kehebatan Michael Jordan atau Shaquille O'Neal. Aksi memikat dan heroik di lapangan serta kesuksesan yang mereka raih selama berkarir di NBA membuat mereka dinobatkan sebagai legenda NBA dan juga legenda basket dunia. Berstatus sebagai pemain bintang, mereka mendapat gaji dengan jumlah fantastis. Selain dari gaji sebagai pemain yang jumlahnya mencapai jutaan dolar per tahun, mereka masih punya penghasilan dari endorsment atau bintang iklan. 

Namun setelah pensiun sebagai pemain, tak semua mantan pemain itu bisa mengelola uangnya. Banyak mantan pemain yang terlilit hutang setelah pensiun dari lapangan. Bahkan lebih dari 50 persen pemain NBA mengalami kebangkrutan setelah 5 tahun pensiun. Tetapi banyak juga mantan pemain yang tetap kaya raya pasca pensiun karena bisa mengelola uang mereka dengan melakukan investasi yang tepat.

Tahukah kamu, ada beberapa legenda NBA yang memilih untuk menginvestasikan uang mereka dengan membeli saham kepemilikan sebuah klub olahraga profesional. Sebagian dari mereka memilih untuk berinvestasi di klub bola basket. Nah mau tahu siapa saja legenda NBA yang memiliki saham di klub olahraga profesional? Simak saja rangkuman khas Omkumis di bawah ini.


1. Magic Johnson

Kredit Foto: pinterest.com

Magic Johnson adalah legenda Los Angeles Lakers dan juga legenda NBA. Magic Johnson dikenal sebgai salah satu Point Guard terhebat dalam sejarah NBA dengan operan bolanya yang tak terduga hingga ia mendapat julukan Magic. Usai pensiun dari pemain dan pelatih LA Lakers, Magic dikenal sebagai pebisnis ulung. Pada 2012 silam, pemilik lima cincin juara NBA ini berinvestasi bersama rekan-rekan bisnisnya dengan membeli klub bisbol, Los Angeles Dodgers senilai $2,15 miliar. Wow! Sebelumnya Magic juga pernah membeli saham 4,5% saham mantan klubnya, LA Lakers, namun ia memutuskan untuk menjual sahamnya tersebut.


2. Yao Ming

Kredit Foto: shihuo.cn

Yao Ming adalah pemain asal Tiongkok yang menjadi legenda di Houston Rockets. Berkat kesuksesannya di NBA, pemain berjuluk The Ming Dynasty ini menjadi atlet terkaya di Cina. Setelah pensiun, Yao Ming rupanya tak lupa dengan klub lamanya yang telah membesarkannya sebelum hijrah ke NBA, Shanghai Sharks. Saat Sharks sedang kesulitan keuangan, Yao Ming membeli klub lamanya tersebut. Tidak disebutkan berapa jumlah uang untuk membeli Sharks, tapi Yao Ming dikabarkan harus mengeluarkan uang sebesar 20 juta yuan atau setara dengan Rp 29,57 miliar per tahunnya untuk mengurus Sharks.


3. Shaquille O'Neal

Kredit Foto: youtube.com

Siapa tak kenal dengan bigman, Shaquille O'Neal? Peraih empat cincin juara NBA ini juga dikenal sebagai pebisnis ulung setelah pensiun sebagai pemain. O'Neal menginvestasikan uang ke sejumlah bisnis, salah satunya untuk membeli saham klub basket. Pada tahun 2013 Shaq memutuskan untuk membeli sebagian kecil saham klub NBA, Sacramento Kings .
 

4. Michael Jordan

Kredit Foto: pinterest.com

Jangan ngaku suka basket kalo nggak kenal Michael Jordan. Ya, Michael Jordan adalah ikon NBA, bahkan ikon basket hingga saat ini. Bahkan sepertinya belum ada pemain yang bisa mengalahkan kehebatan Michael Jordan. Usai pensiun, pemilik enam cincin juara NBA ini dikenal sukses dalam berbisnis. Salah satu keputusan bisnisnya yang mendapat banyak pujian adalah saat ia membeli saham mayoritas klub basket, Charlotte Bobcats senilai 275 juta dolar AS pada 2006. Saat ini ini Charlotte Bobcats sudah berubah nama menjadi Charlotte Hornets.