MOTOGP

Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2017. Ini Dia 10 Rekor Yang Pernah Dibuat Baby Alien

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 12/11/2017 22:22 WIB


Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2017. Ini Dia 10 Rekor Yang Pernah Dibuat Baby Alien
Om Kumis - Marc Marquez akhirnya memastikan gelar juara dunia MotoGP 2017. Pebalap Repsol Honda ini memastikan gelar juara pada seri terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (12/11/2017). Meski hanya finish di urutan ketiga, namun pebalap Spanyol ini memuncaki klasemen akhir dengan perolehan 298 poin. Dengan demikian Marquez sukses mempertahankan gelar juara dunia MotoGP yang juga diraihnya musim lalu sekaligus membuatnya mengoleksi empat gelar juara dunia MotoGP sepanjang karir balapnya.

Tak sekedar meraih gelar juara dunia, pebalap berusia 24 tahun ini juga mencatatkan rekor sebagai pebalap termuda sepanjang sejarah yang sukses memenangi empat gelar juara dunia MotoGP dan juga menjadi pemegang rekor pebalap termuda yang merebut enam kali juara dunia di seluruh kelas. Sejak awal karirnya di dunia balap motor, pebalap berjuluk Baby Alien ini memang sangat fenomenal dan akrab dengan rekor. 

Rekor demi rekor di MotoGP terus Marquez pecahkan. Bagi kamu yang belum tau rekor apa saja yang pernah dipecahkan oleh sang Baby Alien, berikut ini Omkumis rangkumkan deretan rekor yang pernah dibuatnya. Yuk, simak baik-baik di bawah ini.

1. Pebalap Termuda peraih 4 gelar juara dunia MotoGP

Kredit Foto: motorsport.com

Keberhasilan Marquez menjadi juara dunia MotoGP 2017 membuatnya telah mengoleksi empat gelar juara dunia MotoGP. Tiga gelar sebelumnya diraih pada tahun 2013, 2014, dan 2016. Yang hebat adalah di usianya yang baru 24 tahun, Marquez merupakan pebalap termuda yang pernah memenangi empat gelar juara dunia MotoGP.

2. Pebalap termuda yang pernah menang di kelas primer (500cc)

Kredit Foto: baricada.ro

Marquez menjadi pebalap termuda yang pernah juara di kelas primer setelah menjuarai GP Americas pada tahun 2013. Saat itu Baby Alien berusia 20 tahun 63 hari, sehingga memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Freddie Spencer yang berusia 20 tahun 196 hari ketika menjadi juara GP 500cc di Spa-Francorchamps (Belgia) 1982.


3. Pebalap termuda yang juara 10 balapan pertama secara beruntun di kelas primer (500cc)

Kredit Foto: pinterest.com

Marquez menjadi pebalap termuda yang memenangi 10 balapan pertama secara beruntun di kelas premier. Rekor itu dicatatkannya pada tahun 2014, saat ia masih berusia 21 tahun 174 hari.

4. Pebalap termuda yang memenangi 12 seri balapan dalam satu musim

Kredit Foto: racing5.cl

Baby Alien menjadi pebalap termuda yang memenangi 12 seri balapan dalam satu musim yaitu pada tahun 2014. Marquez mencatatkan rekor itu saat masih berusia 21 tahun 251 hari.

5. Peraih juara terbanyak di bawah usia 20 tahun

Kredit Foto: Autonocion.com

Marquez menjadi pebalap yang paling banyak menjuarai balapan sebelum usianya menginjak 20 tahun. Baby Alien menjuarai 26 seri balapan ketika masih berusia belasan tahun.

6. Pebalap yang 8 kali memenangi seri balapan di Sachsenring Circuit secara beruntun

Kredit Foto: omniauto.it

Marquez adalah satu-satunya pebalap dalam sejarah yang selalu menjadi juara saat berlaga di Sachsenring Circuit Jerman. Baby Alien tercatat telah menang sebanyak delapan kali secara beruntun di Sachsenring Circuit. Marquez sudah melakukan itu sejak 2010, saat masih bertanding di kelas motor 125cc. Yang menarik, Marquez selalu juara pertama dari pole position. Lima kali kemenangan di Sachsenring Circuit dicatatkannya saat berlaga di kelas MotoGP.

7. Pebalap termuda yang juara balapan meski start dari posisi terakhir

Kredit Foto: pinterest.com

Marquez menjadi pebalap termuda sepanjang sejarah yang sukses menjadi juara balapan meski mengawali balapan dari posisi paling akhir. Catatan hebat ini dilakukannya saat berlaga di Estoril pada 31 Oktober 2010. Saat itu Marquez berusia 17 tahun, 256 hari.

8. Pebalap termuda yang mencatatkan 100 podium

Kredit Foto: pinterest.com

Marquez menjadi pebalap termuda yang sukses naik podium sebanyak 100 kali sepanjang karirnya di dunia balap. Marquez sukses mencatatkan 100 podium 
saat berusia 24 tahun dan 240 hari, mengalahkan rekor Valentino Rossi yang berusia 25 tahun dan 244 hari.

9. Pebalap termuda yang meraih 60 kemenangan

Kredit Foto: capitalfm.co.ke

Marquez mejadi pebalap temruda sepanjang sejarah yang berhasil memenangi 60 seri balapan sepanjang karirnya. Baby Alien mencatatkan rekor itu saat ia berusia 24 tahun 219 hari.

10. Pebalap termuda dan pebalap Spanyol pertama yang menjadi juara dunia dua kali berturut-turut

Kredit Foto: abc.net.au

Saat memenangi dua gelar juara dunia MotoGP secara beruntun yaitu pada tahun 2013 dan 2014, Marquez telah memecahkan rekor. Marquez tercatat sebagai pebalap termuda sepanjang sejarah yang sukses meraih gelar juara dunia kelas primer dua kali berturut-turut, sekaligus menjadi satu-satunya pebalap Spanyol yang mampu melakukannya.


Nah, sekarang sudah terbukti kan bahwa Marc Marquez memang pebalap jempolan. 10 rekor di atas menjadi bukti kehebatan Baby Alien. Bahkan Marquez diprediksi bisa memecahkan rekor sebagai pebalap yang meraih gelar juara dunia terbanyak, mengingat usianya saat ini masih 24 tahun. Mau tau informasi menarik lainnya seputar olahraga? Langsung saja klik di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}