SEPAKBOLA

4 Penyerang Top Ini Pernah Bermain Untuk Manchester United dan Arsenal. Siapa Favoritmu?

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 08/01/2018 23:47 WIB


4 Penyerang Top Ini Pernah Bermain Untuk Manchester United dan Arsenal. Siapa Favoritmu?
Om Kumis - Semua penggemar sepak bola, terutama pecinta Liga Inggris tentu tahu tentang kehebatatan dua klub papan atas Inggris yang sarat prestasi dan penuh sejarah, yaitu Manchester United dan Arsenal. Ya, Manchester United dan Arsenal  bisa disebut sebagai dua klub besar di Liga Inggris yang punya rivalitas kuat. Meskipun bersaing namun rivalitas kedua klub ini tidak sekental rivalitas antara Manchester United dan Liverpool, atau antara Arsenal dan Tottenham Hotspur.

Sepanjang sejarah, ada beberapa pemain Manchester United yang hengkang dari Old Trafford untuk membela Arsenal. Demikian juga ada beberapa Arsenal yang berpindah haluan membela Manchester United. Beberapa diantaranya adalah pemain top dan jadi andalan di klub mereka masing-masing, sehingga kepindahan mereka menambah panjang sejarah rivalitas antara The Red Devils dan The Gunners.

Dari beberapa pemain yang pernah membela Manchester United dan Arsenal, tercatat ada 4 striker top yang pernah berseragam The Red Devils maupun The Gunners. Penasaran siapa saja 4 striker top itu? Simak rangkuman dari Omkumis di bawah ini.


1. Brian Kidd


Brian Kidd dikenal sebagai legenda Manchester United. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini adalah pemain asli didikan akademi sepak bola Manchester United. Setelah membela The Red Devils sejak 1967, Brian Kidd tercatat sukses mencetak 70 gol dalam 264 laga. Brian Kidd meninggalkan Old Trafford pada 1974 untuk bergabung dengan Arsenal. Selama berseragam The Gunners, Brian Kidd tercatat sukses mencetak 34 gol dari 90 penampilan


2. Andy Cole



Berbeda dengan Brian Kidd, Andy Cole adalah produk akademi sepak bola Arsenal. Cole menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama Arsenal pada 1989. Namun Andy Cole kesulitan menembus tim utama The Gunners. Bahkan Cole hanya bermain satu kali bersama Arsenal di Liga Inggris. Setelah sempat dipinjamkan ke Fulham Selama satu musim, Andy Cole meninggalkan Arsenal pada 1992 dan bergabung dengan Bristol City. Pada 1993 Cole bergabung dengan Newcastle United.

Setelah menunjukkan ketajamannya dan disebut sebagai calon penyerang terbaik di Inggris, Manchester United akhirnya resmi memboyong Andy Cole ke Old Trafford pada 10 Januari 1995 dengan nilai transfer sebesar 7 juta poundsterling. Harga transfer ini memecahkan rekor transfer termahal di Liga Inggris.
Selanjutnya adalah sejarah. Andy Cole menjadi legenda di Old Trafford. Cole menjadi salah satu pahlawan United saat meraih Treble Winners 1999. Cole membela Manchester United selama 1995-2001.



3. Robin Van Persie


Robin van Persie bergabung dengan Arsenal pada 17 Mei 2004 setelah direkrut dari Feyenord dengan nilai transfer sebesar 2.75 juta poundsterling. Robin van Persie bisa disebut sebagai salah satu striker legendaris The Gunners. Namun akibat tak kunjung meraih gelar Liga Inggris di Arsenal, Robin van Persie merasa frustasi dan memilih untuk meninggalkan Arsenal untuk bergabung dengan Manchester United.

Pada 15 Agustus 2012 Van Persie bergabung dengan Manchester United dengan nilai transfer 22,5 juta poundsterling. Kepindahan van Persie ke Old Trafford tak sia-sia. Pada musim pertamanya berseragam The Red Devils, akhirnya Robin van Persie berhasil menggapi mimpinya, yaitu mengangkat trofi Premier League untuk pertama kalinya sepanjang karirnya.


4. Danny Welbeck


Danny Welbeck adalah pemain asli binaan akademi sepakbola Manchester United. Setelah tampil impresif di level yunior, Welbeck menandatangani kontrak profesionalnya pada 2008 dan masuk tim utama Manchester United. Selama berseragam The Red Devils, Welbeck telah mencetak 29 gol dari 142 pertandingan.

Setelah kedatangan Louis van Gaal sebagai manajer anyar Manchester United, Welbeck mulai tersingkir dari tim utama dan akhirnya pada 2 September 2014 secara mengejutkan Welbeck bergabung dengan Arsenal dengan nilai transfer 16 juta poundsterling.


Sobat Omkumis, itu tadi empat penyerang top yang pernah membela Mancahester United dan Arsenal sepanjang karirnya. Semua penyerang top memiliki  kontribusi yang tak kecil bagi Manchester United maupun Arsenal. Dari keempat penyerang diatas, siapa yang jadi favoritmu? Dapatkan info-info menarik lainnya seputar sepak bola, di sini.