SEPAKBOLA

Inilah 5 Bek Termahal Dunia Saat Ini. Siapa Favoritmu?

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Selasa, 23/01/2018 00:09 WIB


Inilah 5 Bek Termahal Dunia Saat Ini. Siapa Favoritmu?
Om Kumis - Selama ini pesepakbola yang identik dengan harga super mahal dan mendapat bayaran tertinggi adalah pemain yang berposisi sebagai penyerang. Sebut saja Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, atau Neymar Jr yang berstatus sebagai pemain termahal dunia setelah direkrut Paris Saint Germain dari Barcelona dengan nilai transfer sebesar 222 juta euro atau setara dengan 3,5 triliun rupiah!

Wajar saja mereka berharga mahal karena para penyerang itu menjadi tumpuan harapan tim untuk menjebol gawang lawan dan meraih kemenangan. Namun di tengah industri besar sepak bola saat ini, pemain berposisi bek pun saat ini harganya juga gila-gilaan, lho. Kamu pasti masih ingat ketika Liverpool baru saja merekrut bek dari Southampton, Virgil Van Dijk. Bek jangkung asal Belanda ini resmi bergabung ke Anfield dengan biaya mahar sebesar 75 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,4 triliun!  Harga fantastis ini membuat Virgil van Dijk menyandang predikat sebagai bek termahal di dunia.

Nah, selain Virgil van Dijk masih ada beberapa bek yang biaya transfernya selangit da menjadi bek termahal dunia. Yang menarik, dari lima bek termahal dunia saat ini, tiga bek diantaranya adalah pemain Manchester City. Mau tahu siapa saja bek termahal dunia saat ini? Yuk simak rangkuman khas Omkumis di bawah ini.


5 . John Stones

Kredit Foto: twitter.com

John Stones menjadi perbincangan hangat di dunia ketika memutuskan menerima tawaran untuk bergabung ke Manchester City dari Everton pada musim panas 2016 silam. Bek muda asal Inggris yang digadang-gadang bakal menjadi bek terbaik Inggris ini bergabung ke Etihad Stadium setelah Manchester City menebusnya dari Everon dengan harga fantastis, yaitu sebesar  47,5 juta poundsterling atau sekitar Rp 856 miliar!


4. David Luiz

Kredit Foto: foot-sur7.fr

David Luiz sempat mencatatkan dirinya sebagai bek termahal dunia setelah bergabung dengan Paris Saint Germain (PSG) pada Juni 2014.  Saat itu Paris Saint Germain merekrut David Luiz dari Chelsea dengan nilai transfer sebesar 50 juta poundsterling atau setara dengan Rp 911 miliar. Harga transfer bek asal Brasil itu sekaligus memecahkan rekor bek termahal dunia  yang sebelumnya dipegang oleh Rio Ferdinand ketika dibeli Manchester United sebesar 30 juta pound pada 2002 silam.


3. Benjamin Mendy

Kredit Foto: talksport.com

Manchester City menunjukkan tajinya sebagai salah satu klub terkaya dunia usai merekrut bek AS Monaco, Benjamin Mendy, pada bursa transfer musim panas 2017 lalu. Manchester City rela megeluarkan dana fantastis untuk mendatangkan bek asal Perancis itu ke Etihad Stadium. Klub berjuluk The Citizens itu harus membayar mahar sebesar  52 juta pounsterling atau setara dengan Rp 947 miliar untuk merekrut Benjamin Mendy.


4. Kyle Walker

Kredit Foto: mansheet.net

Setelah mendatangkan Benjamin Mendy, Manchester City melanjutkan "kegilaannya" dengan menggelontorkan dana fantastis untuk merekrut seirang bek di bursa transfer musim panas 2017. Kali ini The Citizens membajak bek andalan Tottenham Hotspur,  Kyle Walker. Demi memboyong bek asal Inggris itu ke Etihad Stadium, Manchester City mengeluarkan dana sebesar 53 juta poundsterling atau setara dengan Rp 966 miliar.

5. Virgil van Dijk

Kredit Foto: thisisanfield.com

Saga transfer yang paling mengejutkan pada musim ini adalah saat Virgil van Dijk hengkang dari Southampton untuk hijrah ke Liverpool. Bagaimana tidak, The Reds harus mengeluarkan dana fantastis untuk memboyong bek asal Belanda ini ke Anfield.  Liverpool membayar mahar sebesar 75 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,4 triliun untuk mendatangkan Virgil van Dijki ke Anfield. Harga fantastis ini membuat Virgil van Dijk menyandang predikat sebagai bek termahal di dunia.


Wow, mahal sekali ya harga transfer kelima bek di atas. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah harga fantastis itu sebanding dengan kualitas pemain dan seberapa besar kontribusinya untuk klub. David Luiz terbukti telah menyumbang dua trofi juara Ligue 1 untuk PSG sebelum memutuskan mudik ke Chelsea. Dari kelima bek diatas, siapa favoritmu? Dapatkan info- info menarik lainnya seputar sepak bola, di sini.