Biar Tak Menyesal, Begini Cara Terbaik Test Ponsel Bekas

Admin
Admin,
Sabtu, 12/11/2016 14:03 WIB


Biar Tak Menyesal, Begini Cara Terbaik Test Ponsel Bekas
Om Kumis - Bagi mereka yang tidak memiliki budget cukup untuk membeli smartphone flagship berharga selangit, membeli versi bekasnya menjadi pilihan terbaik.
Akan tetapi, mendapatkan smartphone bekas yang bagus bukan perkara mudah, apalagi kini banyak penjual smartphone bekas yang mempermak smartphone bekas dengan sempurna agar terlihat seperti baru sekaligus menyembunyikan kelemahan-kelemahannya. 
Berikut langkah-langkah agar tidak tertipu membeli smartphone bekas yang gampang rusak.


Pertama, siapkan alat pengecekan!

Kredit Foto: freeimages

Merdeka.com - Untuk menghindari membeli smartphone bekas yang ternyata kualitasnya buruk, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan meliputi pengecekan bodi hingga aplikasi di dalamnya. Tapi sebelum itu, akan lebih baik kamu membawa barang-barang berikut saat ingin mengecek atau membeli smartphone bekas.
Powerbank, laptop, atau charger Kartu microSD Headphone Kartu SIM aktif (dua bila perlu) Senter.


Kedua, detail eskterior

Kredit Foto: freeimages

Sebelum menyalakan smartphone bekas yang akan dibeli, lebih dulu cek bagian luar smartphone, terutama layar. Amati apakah terdapat banyak goresan pada layar dan lensa kamera menggunakan senter agar mudah terlihat.

Jangan lupa cek tombol apakah saat ditekan terasa normal. Raba seluruh permukaan smartphone untuk mencari apakah ada lekukan bekas benturan. Terakhir, untuk smartphone unibodi atau yang tidak bisa dibuka casingnya, perhatikan apakah ada bagian casing yang tidak tertutup sempurna (tkamu smartphone pernah jatuh).


Ketiga, buka smartphone

Kredit Foto: freeimages


Setelah selesai dengan eksterior, masuk ke bagian dalam dengan membuka casing smartphone (tidak bisa dilakukan pada smartphone unibodi). Lihat apakah baterai masih original atau sudah diganti, mengingat hal ini mempengaruhi harga smartphone.
Cek slot microSD dan SIM, sembari melihat apakah ada cacat. kamu juga perlu mengawasi adanya bercak putih atau bahkan karat tkamu bila si smartphone pernah terkena air bagian dalamnya.
Pada smartphone unibodi, cek apakah slot kartu SIM atau microSD pada kondisi normal, tidak bengkok atau mempunyai noda bekas air.


Keempat, hidupkan smartphone


Sebelum menghidupkan, pastikan kamu memasang kartu SIM dan microSD. Dan saat menghidupkan amati apakah proses booting berjalan normal, tidak terlalu lama.
Apabila kartu SIM dan microSD terbaca dengan sempurna, gunakan smartphone untuk mengirim SMS, telepon, dan internet. Tidak lupa coba colokan headphone dan port charger dengan powerbank yang kamu bawa. Pastikan semua berfungsi normal.


Kelima, buka semua aplikasi


Jangan ragu untuk mengaktifkan semua aplikasi yang ada di smartphone, dan rasakan apakah performanya sudah seperti yang kamu harapkan. Apabila terdapat banyak lag dan terlihat performa layar yang buruk (tak responsif), ada peluang bila kualitasnya buruk.


Teliti pula info smartphone dengan seksama dengan menekan tombol *#*#4636#*#* pada aplikasi telepon. Hal ini bisa membuka informasi ke smartphone, baterai, sensor, dan lain-lain. Dengan begitu kamu bisa tahu bila smartphone bekas barang original atau bukan.


Selamat mencoba!

Trending

  • {{ trend.numb }}