Begini Nih Jurus Ampuh Menghemat Baterai Smartphone Yang Boros

Admin
Admin,
Senin, 19/12/2016 15:36 WIB


Begini Nih Jurus Ampuh Menghemat Baterai Smartphone Yang Boros
Om Kumis - Saat ini para produsen smartphone semakin bersaing dan berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk baru dengan fitur yang terus diperbaharui. Salah satu yang menjadi fitur utama smartphone keluaran terbaru adalah kapasitas baterai yang besar.

Kapasitas baterai memang sangat diperhatikan oleh pabrikan smartphone mengingat salah satu keluhan terbesar dari konsumen adalah cepat habisnya daya baterai smartphone alias boros. Namun meskipun kapasitas baterai telah diperbesar, tetap saja sebagian besar pengguna smartphone merasa baterainya boros sehingga harus sering mengisinya dengan charger.

Sebenarnya borosnya baterai smartphone itu salah satunya disebabkan dari penggunaan smartphone yang terlalu sering . Namun selain itu ada beberapa fitur dari smartphone yang jika tidak kamu atur akan membuat baterai menjadi boros.

Fitur apa saja sih yang harus di-setting supaya baterai smartphoe tidak cepat habis? Simak jurus ampuh yang diberikan Omkumis untuk mengetahui masalah dan cara menghemat baterai smartphone yang boros.


1. Tutup Aplikasi


Salah satu penyebab borosnya baterai adalah karena pengguna smartphone tidak menutup aplikasi secara sempurna setelah menggunakannya. Biasakan untuk menutup aplikasi dengan benar setelah tidak menggunakannya. Buang juga aplikasi yang jarang kamu pakai karena ada beberapa aplikasi yangt tetap berjalan di background smartphone walaupun tidak dibuka.


2. Atur Kecerahan Layar

Salah satu cara menghemat baterai adalah dengan mengatur atur kecerahan layar smartphone dengan tepat. Usahakan untuk mengatur layar smartphone dengan tingkat kecerahan yang rendah, tapi tetap tak mengganggu pandangan mata. Tingkat kecerahan layar sangat berpengaruh terhadap penggunaan daya. Semakin terang layar maka baterai akan semakin boros.


3. Matikan GPS

Salah satu fitur yang menyedot banyak daya adalah GPS. Saat tidak menggunakannya, lebih baik matikan alias non aktifkan GPS supaya baterai smartphone kamu menjadi lebih awet.


4. Pengaturan Mode Suara

Banyak pengguna smartphone yang lebih suka mengaktifkan mode getar (vibrate) karena tidak berisik. Padahal penggunaan fitur getar justru memakan banyak daya baterai, bahkan dibanding dengan mengaktifkan ringtone. Lebih baik non aktifkan saja dan gunakan fitur diam (silent) karena mode diam lebih menghemat daya baterai.


5. Nonaktifkan Bluetooth, Wi-Fi, dan Konektivitas Lainnya


Salah satu penyebab borosnya daya baterai adalah karena pencarian sinyal. Nah, Saat sedang tidak menggunakannya, biasakan untuk mematikan semua konektivitasnya seperti wifi, Bluetooth, sinyal radio, dan paket data supaya baterai menjadi lebih tahan lama.


6. Airplane Mode


Aktifkan fitur Airplane Mode, karena dengan mengaktifkannya semua konektivitas di smartphone seperti radio, baik GSM, WiFi, maupun Bluetooth, secara otomatis akan langsung non aktif. Baterai pun akan jadi lebih hemat.


7. Pengisian Baterai


Mengisi baterai alias nge-charge dengan cara yang salah juga berpengaruh terhadap keawetan baterai. Biasakan untuk nge-charge smartphone hingga dayanya penuh. Matikan smartphone saat mengisinya sehingga cepat penuh dan awet.


Lihat juga info OmKumis lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}