Smartphone Terendam Air? Jangan Panik! Lakukan 5 Langkah Pertolongan Pertama Ini

Admin
Admin,
Selasa, 27/12/2016 21:37 WIB


Smartphone Terendam Air? Jangan Panik! Lakukan 5 Langkah Pertolongan Pertama Ini
Om Kumis - Apakah smartphone kamu pernah terendam air? Kamu pasti panik dan sedih karena kemungkinan besar smartphone kamu tak bisa digunakan alias rusak. Ya, smartphone memang cukup rentan dengan air. Smartphone yang basah memang rawan korslet, maklum namanya juga peralatan elektronik.

Saat ini sudah banyak smartphone yang menawarkan fitur teknolog anti air, namun kamu harus merogoh kocek cukup dalam jika ingin memilikinya. Nah, bisa dipastikan betapa sedih dan paniknya saat smartphone kesayangan kamu terendam air.

Rileks guys, jangan panik. Cukup tarik nafas dan senyumin aja, toh kepanikan kamu tak bakal membuat smartphone kamu langsung kering, ya nggak? Kamu hanya perlu mengetahui beberapa langkah untuk melakukan pertolongan pertama saat smartphone kamu terendam air.

Jangan panik karena Omkumis akan memberikan tips pertolongan pertama saat smartphone kamu terendam air. Simak baik-baik ya.


1. Matikan Smartphone

Kredit Foto : 3arabi.com

Lagkah pertama saat smartphone kamu berenang gaya batu di air adalah cukup mendiamkannya. Jangan sekalipun menyalakan smartphone kamu yang baru terendam air, jangan pernah meskipun cuma sebentar. Menyalakan smartphone dalam keadaan basah bisa membuat terjadinya arus pendek alias kortsleting dan beresiko membuat smartphone kamu mati total.


2. Lepas Baterai

Kredit Foto : FoneArena.com

Langkah berikutnya adalah dengan melepaskan baterai dengan segera sesaat setelah mengangkat smartphone dari air. Jangan sampai terlalu lama membiarkan baterai menempel di perangkat karena meskipun terlihat kering dari luar, namun justru daerah baterai lebih basah dari daerah lain. Namun melepas baterai adalah khusus untuk kamu yang mempunyai smartphone dengan baterai berjenis removable.


3. Lepaskan SIM card dan Memori card

Kredit Foto : gottabemobile.com

Sesudah melepas baterai, segera lepaskan juga SIM Card dan memori card eksternal yang masih terpasang di slotnya. Jangan biarkan SIM card dan memori card menempel terlalu lama dalam keadaan basah, supaya tidak terjadi korsleting. Keringkan SIM card dan memori card hingga benar-benar kering sebelum digunakan supaya tidak terkena korosi dan memastikan agar data kamu yang berada di didalamnya tetap aman.


4. Keringkan

Kredit Foto : todocorrientes.com

Keringkan semua bagian smartphone yang terkena basah. Lepas seluruh casing, rangka dan framenya lalu keringkan dengan misalnya menjemurnya di bawah terik matahari. Lalu sedot bagian dalam smartphone menggunakan penyedot debu atau bisa juga dengan blower. Jika merasa belum benar-benar kering, kamu juga bisa memasukkan smartphone yang terkena air ke dalam beras yang kering. Kenapa beras? Karena beras memiliki sifat menyerap air. Simpan smartphone ke dalam beras selama kurang lebih dua hari supaya semua elemen air terserap dan smartphone benar-benar kering.


5. Aktifkan (Nyalakan)

Kredit Foto : wsj.de

Setelah melakukan semua langkah diatas, saatnya untuk memasang kembali komponen yang sudah dilepas. Namun kamu harus yakin bahwa semua kompomen tadi benar-benar telah kering. Nyalakan dalam kondisi tersambung ke charging. Jika smartphone kamu ternyata tidak menyala, santai saja. Cukup masukkan smartphone kamu ke dalam saku dan segeralah menuju service center terdekat.


Lihat info OmKumis lainnya seputar gadget dan smartphone di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}