Siapa Bilang Hasil Foto Malam Hari Dengan Smartphone Hasilnya Tak Sempurna? Bisa Kok, Gampang!

Admin
Admin,
Sabtu, 14/01/2017 19:24 WIB


Siapa Bilang Hasil Foto Malam Hari Dengan Smartphone Hasilnya Tak Sempurna? Bisa Kok, Gampang!
Om Kumis - Hasil foto saat kita mengabadikan suatu momen pada saat siang hari dan malam hari akan berbeda kualitasnya, terutama jika kita memotretnya dengan menggunakan smartphone. Banyak pengguna smartphone yang mengeluh kesulitan memotret pada malam hari karena hasilnya dirasa tak sesempurna ketika memotret di siang hari. Padahal sebenarnya banyak pemandangan menarik yang layak untuk diabadikan saat malam hal.

Hal ini wajar karena pada malam hari tentunya hanya tedapat sedikit cahaya, tak seperti saat siang hari. Melimpahnya cahaya terang pada siang hari membuat kamera lebih mudah menangkap objek dengan jelas dan sempurna. Apalagi tak semua smartphone mempunyai fitur kamera yang canggih untuk mengatasi kondisi rendahnya atau minimnya cahaya saat pemotretan.

Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan tips khusus supaya hasil foto di malam hari terlihat lebih terang atau tajam dan hasilnya bisa sekeren ketika memotret pada siang hari. Tak perlu bingung, ternyata bukanlah hal yang susah mendapatkan hasil foto yang keren pada malam hari jika kamu menjalankan penjelesan dari Omkumis di bawah ini. Simak baik-baik ya.


1 . Gunakan Mode Manual

Kredit Foto : scinotions.com

Mode otomatis yang biasanya menjadi default dalam fitur kamera di smartphone tak cocok digunakan dalam pengambilan foto di malam hari. Lebih baik gunakan mode manual saja. Mode ini membuat kamu bisa mengatur pencahayaan sesuai yang kamu inginkan. Disarankan untuk menggunakan ISO yang tinggi untuk pemotretan malam hari. Jika fitur kamera di smartphone kamu belum ada mode manualnya, kamu bisa mengunduh aplikasinya di playstore.


2. Gunakan Night Mode

Kredit Foto : gsmarena.com

Sesuai dengan namanya, tentu mode ini wajib digunakan saat memotret di malam hari. Mode ini memang telah otomatis menyesuaikan dengan kondisi malam hari yang minim cahaya, sehingga gambar yang dihasilkan terlihat lebih terang.


3. Jangan Goyang

Kredit Foto : blogs.sonymobile.com

Dalam kondisi minim cahaya alias dengan cahaya rendah seperti di malam hari, kamera perlu waktu untuk menangkap gambar. Untuk itu usahakan jangan bergoyang saat memotret. Pertahankan kamera secara stabil beberapa saat setelah kamu menekan tombol shutter, supaya hasilnya tidak blur. Namun jika smartphone kamu sudah dilengkapi fitur auto focus maka hasilnya tentu akan lebih bagus.


4. Gunakan Tripod dan Timer

Kredit Foto : ebay.com

Seperti dijelaskan di atas, kamera perlu waktu untuk menangkap gambar dalam kondisi minim cahaya. Nah, daripada repot-repot harus menahan gerakan supaya tidak goyang, lebih baik gunakan tripod dan aturlah timer supaya kamu bisa lebih stabil memegang kamera.


5. Atur Flash

Kredit Foto : maclife.de

Banyak pengguna smartphone yang langsung menyalakan flash saat memotret pada malam hari dengan alasan bahwa hasilnya tentu akan lebih terang. Tidak salah memang, namun kamu harus tahu kapan saatnya menggunakan flash dan kapan mematikannya. Saat memotret objek dengan carak yang agak jauh, matikan flash. Hal ini karena flash tidak akan bekerja maksimal dan justru malah menghasilkan titik-titik atau bercak-bercak cahaya yang tak jelas di hasil foto kamu. Namun jika jarak objeknya dekat, aktifkan flash supaya hasilnya lebih bagus.


6. Atur Zoom

Kredit Foto : financialexpress.com

Menggunakan fitur zoom pada malam hari tak akan membuat objek gambar terlihat lebih jelas, melainkan hasilnya justru akan terlihat tidak tajam dan agak buram atau pecah-pecah. Hindari menekan tombol zoom.

Itulah trik mudah untuk memotret dengan smartphone di malam hari. Tidak susah kan? Setelah membacanya, segera praktekkan dan buktikan hasilnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Lihat juga info teknologi lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}