Bingung Kenapa Smartphone Tak Bisa Di- Charge? Coba Cek, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Admin
Admin,
Minggu, 29/01/2017 20:51 WIB


Bingung Kenapa Smartphone Tak Bisa Di- Charge? Coba Cek, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Om Kumis - Sekarang ini smartphone sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam hidup sebagian besar umat manusia. Pesatnya kemajuan tekhnologi smartphone sangat membantu dan membuat hidup menjadi lebih mudah. Namun apa jadinya jika smartphone yang sangat penting bagi kamu itu tiba-tiba tak bisa di-charge lagi? Apa yang harus kamu lakukan?

Smartphone yang tak bisa di-charge lagi adalah salah satu keluhan terbesar para pengguna smartphone. Memang hal itu adalah masalah yang sudah biasa di temukan, namu ntetap saja menjengkelkan. Tentunya kamu akan sangat kesal dan jengkel karena smartphone tak bisa di-charge sementara baterai sudah sekarat alias sudah hamper habis, padahal kamu sangat membutuhkannya untuk sesuatu yang penting.

Sebagian pengguna smartphone pasti langsung menyimpulkan bahwa smartphonenya rusak, baterainya rusak dan harus membeli yang baru. Namun sebenarnya jika kamu tidak panic, tak usah buru-buru ke service centre atau membeli yang baru, tapi cari tahu dulu apa penyebabnya. Caranya? Tak usah khawatir, Omkumis akan membantu kamu mencari tahu kenapa smartphone kesayangan kamu tak bisa di-charge lagi. Yuk, mari kita cari tahu bersama.


1 . Cek Port USB

Kredit Foto : commons.wikimedia.org

Pastikan apakah port USB smartphone kamu sudah sepenuhnya terhubung dengan charger USB. Jika kamu merasa sudah sepenuhnya terhubung tapi tetap tak bisa mengisi daya, coba keluarkan baterai kemudian dorong logam kecil di dalam port USB ke dalam dengan menggunakan benda yang kecil dan tajam semisal jarum atau tusuk gigi. Kerusakan ini sering terjadi karena terlalu seringnya kamu memasang dan mencabut kabel charging.


2 . Bersihkan Port USB

Kredit Foto : iwebstreet.com

Pastikan bahwa port USB selalu dalam keadaan bersih. Baterai yang tidak bisa di-charge bisa terjadi karena tersumbatnya port USB oleh kotoran-kotoran seperti debu dan bekas makanan yang menempel di dalamnya. Bersihkan kotoran tersebut dengan kompresor atau meniupnya sehingga port USB steril dari kotoran yang menempel.


3. Cek Kabel

Kredit Foto : mobivki.com

Jika port USB sudah bersih tapi smartphone tetap tak bisa di-charge, coba cek kabelnya. Gantilah kabel charge dengan kabel charge yang lain dan periksa apakah dengan kabel pengganti itu baterai bisa diisi. Jika ya, berarti kerusakan ada pada kabel charge. Segera buang dan ganti dengan yang baru.


4. Cek Adaptor

Kredit Foto : howtogeek.com

Jika kamu sudah mengganti kabel charge dengan yang baru namun baterai tak juga terisi, coba periksa adaptornya. Coba ganti adaptornya dengan adaptor yang lain, jika baterai terisi berabrti masalahnya di adaptor charge. Selain itu pastikan bahwa stop kontak di dinding memang masih berfungsi. Kan tidak lucu jika kamu sudah mencoba dengan berbagai cara dan baterai tetap tak bisa terisi, ternyata justru stop kontaknya tidak ada aliran listrik.


5. System Android

Kredit Foto : androidpcreview.com

Coba ingat-ingat apakah kamu baru saja melakukan upgrade system android. Memperbarui atau mengupgrade sytem android bisa menyebabkan baterai tak bisa di-charge karena mungkin smartphone kamu tidak kompatibel dengan system android yang baru.


6. Baterai

Kredit Foto : howtogeek.com

Kamu sudah melakukan semua cara di atas dan baterai tetap saja tidak terisi? Kemungkinan terbesar adalah baterai smartphone kamu yang rusak. Jika memang sudah rusak atau kembung, ya sudah, ganti saja baterainya dengan yang baru.


Lihat juga info teknologi lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}