Sadar Nggak, Ternyata Fitur Bawaan Smartphone Ini Bikin Baterai Jadi Boros

Admin
Admin,
Senin, 06/02/2017 16:50 WIB


Sadar Nggak, Ternyata Fitur Bawaan Smartphone Ini Bikin Baterai Jadi Boros
Om Kumis - Sekarang ini smartphone sudah tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari umat manusia. Harus diakui dan disadari saat ini smartphone sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam hidup manusia, bahkan bisa dikatakan smartphone telah semakin mempermudah kehidupan manusia.

Saat ini para produsen smartphone semakin bersaing dan berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk baru nan canggih dengan harga yang bervariasi. Namun secanggih apapun smartphone, masih ada kendala dan keluhan yang disampaikan oleh para penggunanya. Salah satu keluhan yang paling sering disuarakan adalah adalah cepat habisnya daya baterai smartphone alias boros.

Para produsen pun sebenarnya tak tinggal diam dengan keluhan itu, dan mengeluarkan produk baru dengan berbagai fitur yang terus diperbaharui, salah satunya adalah kapasitas baterai yang besar. Sebenarnya borosnya baterai smartphone itu salah satunya disebabkan dari penggunaan smartphone yang terlalu sering . Namun selain itu ternyata di balik banyaknya fitur nan canggih dan menarik yang merupakan bawaan dari smartphone itu justru membuat baterai semakin boros.

Banyak pengguna yang tidak sadar bahwa beberapa fitur bawaan dari smartphone akan membuat baterai menjadi boros jika digunakan terus-terusan. Untuk itu kita harus mengaturnya secara manual supaya konsumsi baterai menjadi irit dan awet sehingga kamu tidak perlu bolak-balik nge-charge. Nah, kamu tahu apa saja fitur bawaan yang bikin baterai boros? Tenang, Omkumis akan jelaskan di bawah ini. Yuk, langsung saja simak.


1. Auto Brightness

Kredit Foto : radass.com

Fitur ini sebenarnya sangat membantu pengguna yang malas untuk mengatur kecerahan layar secara manual. Fitur Auto Brightness ini bekerja dengan sensor yang secara otomatis akan menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar, apakah gelap atau terang. Namun ternyata fitur yang memudahkan pengguna ini justru membuat baterai menjadi boros karena terus mengaktifkan sensor pencahayaan. Nah, lebih baik non aktifkan fitur ini dan aturlah secara manual. Salah satu cara menghemat baterai adalah dengan mengatur atur kecerahan layar smartphone dengan tepat. Usahakan untuk mengatur layar smartphone dengan tingkat kecerahan yang rendah, tapi tetap tak mengganggu pandangan mata


2. Screen Timeout

Kredit Foto : thetechmania.com

Fitur bawaan ini sebenarnya juga sangat membantu pengguna karena fitur Screen Timeout ini bisa dengan mudah mematikan layar smartphone dalam jangka waktu tertentu ketika sedang tidak digunakan. Namun sayangnya fitur yang menarik ini ternyata membuat baterai smartphone menjadi boros. Baterai menjadi terkuras karena karena secara tidak langsung fitur ini secara terus menerus mengaktifkan sebuah timer untuk menghitung waktu yang telah ditentukan untuk mematikan layar. Untuk menghemat baterai disarankan untuk menonaktifkan fitur ini dan lebih baik pengguna mematikan secara langsung layar smartphone jika sedang tidak digunakan.


3. Background Apps

Kredit Foto : knowledgecage.com

Fitur ini membuat sebuah aplikasi akan terus aktif dan berjalan di belakang layar walaupun sebenarnya aplikasi sedang tidak digunakan atau tidak sedang dibuka. Misalnya kamu tidak sedang membukaaplikasi WhatsApp atau BBM, namun jika ada sebuah pesan masuk maka notifikasi itu akan muncul. Sebaiknya matikan saja fitur ini.


4. Widget

Kredit Foto : hardwarezone.com.ph

Banyaknya widget dan penggunaan yang berlebihan akan membuat baterai smartphone kamu menjadi cepat habis. Lebih baik buang widget-widget yang tidak terlalu penting dari layar smartphone kamu supaya baterai menjadi lebih awet.


Lihat juga info teknologi dan gadget lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}