Kamu Wajib Tahu, Bermain Smartphone Sebelum Tidur Ternyata Banyak Bahayanya Lho!

Admin
Admin,
Kamis, 09/02/2017 22:23 WIB


Kamu Wajib Tahu, Bermain Smartphone Sebelum Tidur Ternyata Banyak Bahayanya Lho!
Om Kumis - Kegiatan apa yang kamu lakukan sesaat sebelum tidur? Menonton televisi, menonton film, membaca buku, atau memainkan smartphone kamu? Sepertinya jawaban terakhir adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh kebanyakan orang sesaat menjelang tidur.

Ya, kini smartphone adalah peralatan elektronik yang tak bisa lepas dari kehidupan sebagian besar manusia di jaman modern ini. Smartphone adalah pendamping setia yang sangat bermanfaat untuk memudahkan urusan apapun. Oleh karena itu, banyak orang yang menaruh smartphone tak jauh dari tempat tidur.

Saat menggunakan smartphone sebelum tidur, berapa lama waktu yang kamu habiskan hingga kamu benar-benar meletakkan gadget kesayangan kamu dan kemudian tidur? Waspadalah, karena memainkan smartphone terlalu lama menjelang tidur ternyata menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan kamu.

Kali ini Omkumis akan berikan penjelasan betapa bahayanya jika kamu memainkan smartphone terlalu lama sebelum kamu tidur. Simak baik-baik di bawah ini ya.


1 . Gangguan Mata

Kredit Foto : gbaobei.com

Terlalu lama menatap layar smartphone sangat berbahaya bagi mata. Pancaran cahaya biru dari smartphone membuat retina mata menjadi tegang. Radiasi yang dipancarkan layar smartphine menimbulkan risiko terjadinya iritasi pada mata. Bahkan untuk kasus yang lebih berat, terlalu lama menatap layar smartphone bisa menyebabkan katarak.


2. Merusak Otak

Kredit Foto : news.com.au

Terlalu lama memainkan smartphone sebelum tidur berbahaya untuk kesehatan otak kamu. Kelelahan otak adalah efek yang ditimbukan jika kamu lupa waktu saat bermain smartphone. Istirahatkanlah otak kamu setelah lelah bekerja seharian.


3. Terganggunya Metabolisme Tubuh

Kredit Foto : twitter.com

Tubuh butuh istirahat yang cukup. Untuk itu segeralha istirahat jika sudah waktunya istirahat. Kebiasaan memainkan smartphone sebelum istirahat malam bisa mengganggu jam tidur kamu. Akibatnya proses metabolisme tubuh juga akan ikut terganggu.


4. Obesitas

Kredit Foto : Shutterstock.com

Terlalu lama memainkan smartphone membuat kamu susah tidur dan justru merasa lapar. Hal ini karena terganggunya hormon pengendali rasa lapar. Saat kamu merasa lapar dan tidak bisa tidur, apa yang kamu lakukan? Kebanyakan orang akan mengemil makanan atau makan supaya kenyang dan cepat tertidur. Sementara makan di malam hari menjelang tidur bisa memicu obesitas.


5. Tidak Bisa Tidur Nyenyak

Kredit Foto : pinterest.com

Bermain smartphone terlalu larut, apalagi dengan berbalas pesan dengan teman alias chatting biasanya akan terus berlanjut dan mengganggu waktu tidur. Kebiasaan ini akan membuat tidur kamu tidak nyenyak. Rasa cemas dan gelisah bisa mudah timbul sehingga tidak bisa tidur dengan nyenyak.


Lihat juga info seputar gadget dan teknologi lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}