Tanpa Kamu Sadari, Fitur di Smartphone Kamu Ini Bikin Kuota Internet Kamu Cepet Habis

Admin
Admin,
Jumat, 10/02/2017 07:31 WIB


Tanpa Kamu Sadari, Fitur di Smartphone Kamu Ini Bikin Kuota Internet Kamu Cepet Habis
Om Kumis - Punya smartphone keren adalah suatu kebanggaan tersendiri. Smartphone terbaru dengan fitur canggih menjadi incaran banyak orang. Smartphone yang canggih dengan koneksi internet yang kencang adalah dua hal yang tak terpisahkan. Ya, internet seakan sudah menjadi kebutuhan pokok di jaman modern ini.

Bayangkan apa jadinya jika kamu kehabisan kuota internet. Smartphone keren dengan fitur yang canggih seakan tak berarti jika tanpa koneksi internet. Kamu bakalan mati gaya. Mungkin kamu sempat merasa heran dan bertanya-tanya kenapa kuota internet di smartphone kamu cepat habis, padahal kamu sepertinya tidak berlebihan menggunakan internet. Lalu bagaimana cara menghemat kuota supaya tidak cepat habis?

Kamu harus tahu, bahwa ada beberapa fitur dari smartphone yang musti kamu setting secara manual supaya kuota internet tidak menjadi boros. Tanpa kamu sadari, fitur bawaan dari smartphone kamu bisa menyebabkan pemborosan pemakaian internet sehingga kuota kamu cepat habis. Kali ini Omkumis akan memberikan tips supaya kuota internet kamu awet. Lakukan langkah-langkah di bawah ini ya.


1 . Notifikasi

Kredit Foto : nairaland.com

Aplikasi apa saja yang terpasang di smartphone kamu? Pasti banyak ya. Kamu pasti punya aplikasi media sosial atau games kan? Nah, coba setting secara manual aplikasi tersebut dengan mematikan fitur notifikasi, supaya aplikasi tersebut tidak menampilkan notifikasi lagi. Notifikasi ini terlihat sepele, namun ternyata bisa menguras kuota internet kamu lho.


2. Sinkronisasi

Kredit Foto : blog.recovery-android.com

Ada beberapa aplikasi di smartphone kamu yang secara otomatis mensikronkan data (auto-sync). Aplikasi ini antara lain email, media sosial, dan games. Ternyata ditur auto-sync ini bisa menyedot kuota data internet kamu . Untuk itu matikan saja fitur auto-sync ini secara manual.


3. Auto-Update

Kredit Foto : howtogeek.com

Beberapa aplikasi di smartphone kamu akan secara otomatis memperbaharui sendiri tanpa notifikasi sebelumnya. Hal inilah yang disebut auto-update. Matikan saja fitur auto-update ini, karena saat memperbaharui, tentunya membutuhkan data internet yang tidak sedikit. Semakin besar ukuran filenya maka akan semakin banyak kuota internet yang terpakai suatu aplikasi untuk memperbaharui diri.


4. Mobile Data

Kredit Foto : mywifinotworking.com

Biasakan untuk mematikan fitur mobile data saat tidak digunakan, misalnya saat tidur atau ditinggal dalam waktu lama. Mobile data yang aktif tentu akan terus menerus menyedot kuota internet kamu walaupun kamu sedang tidak menggunakan smartphone kamu.


Lihat juga info OmKumis seputar teknologi dan gadget lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}