Jangan Biarkan Keyboard Laptopmu Kotor! Bersihkan Dengan 4 Cara Mudah Ini

Admin
Admin,
Senin, 13/02/2017 18:59 WIB


Jangan Biarkan Keyboard Laptopmu Kotor! Bersihkan Dengan 4 Cara Mudah Ini
Om Kumis - Laptop adalah barang elektronik yang sangat berguna untuk kehidupan kita. Dengan laptop kita bisa menyelesaikan tugas kuliah, tugas sekolah, pekerjaan kantor di mana saja, misalnya di kafe, taman, atau di teras rumah. Mengingat betapa pentingnya kegunaan laptop, kita harus menjauhkannya dari kerusakan dan menjaganya supaya tetap berfungsi baik dan tentunya awet.

Salah satu bagian yang penting dari laptop adalah keyboard. Tanpa keyboard kita tidak bisa melakukan perintah kepada laptop. Namun tahukah kamu bahwa keyboadr laptop adalah salah satu bagian yang paling bayak terdapat kuman? Ya, keyboard yang jarang dibersihkan akan menjadi tempat favorit bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Untuk itu kita harus selalu menjaganya supaya tetap bersih.

Kebersihan laptop memang sering kali diabaikan oleh para penggunanya. Meskipun dari luar keyboard laptop selalu terlihat bersih, namun sebenarnya banyak debu dan kotoran yang tersimpan entah di sela-sela tuts dan bagian dalam keyboard. Jika dibiarkan terus menerus maka kotoran ini akan semakin menumpuk dan menjadi sarang kuman yang berbahaya untuk kesehatan kamu.

Nah, mulai sekarang jangan biarkan keyboard laptopmu kotor. Rajin-rajinlah membersihkannya. Caranya juga sangat mudah kok. Cukup ikuti tips dari Omkumis di bawah ini ya.


1 . Matikan Laptop

Kredit Foto : vkool.com

Langkah pertama adalah mematikan laptop terlebih dahulu. Cabut charger dan semua kabel pada laptop supaya tidak korslet saat kamu membersihkannya.


2. Miringkan/Balik Laptop

Kredit Foto : laptopmag.com

Sekaang miringkan posisi laptop ke depan supaya gampang mengeluarkan kotoran di dalamnya. Caranya adalah dengan meniup keyboard supaya semua debu dan kotoran jatuh. Jika kamu rasa belum bersih, balikkan posisi laptop supaya kotoran yang ada di sela-sela tuts keyboard bisa rontok. Tekan-tekan keyboard supaya kotoran di dalamnya gampang keluar.


3. Bersihkan Sela Keyboard

Kredit Foto : publicdomainimages.net

Walaupun terlihat bersih, tapi banyak sekali debu atau kotoran yang menempel di sela-sela keyboard. Cara membersihkannya sangat mudah, yaitu dengan brush (kuas) make up yang lembut. Sapukan di sela-sela keyboard supaya debunya hilang. Selain itu, cukup dengan cotton bud saja. Basahi ujung cotton bud dengan alcohol dan bersihkan sela-sela keyboard.


4. Gunakan Hair Dryer atau Kompresor Udara

Kredit Foto dnaindia.com

Kompresor udara juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan sela-sela keyboard, yaitu dengan menyemprotkan udara supaya debu dan kotoran di balik tombol bisa keluar. Selain itu kamu juga bisa menggunakan hair dryer untuk menyemprotkan udara supaya debu dan kotoran keluar dari balik tombol keyboard.

Setelah semua langkah diatas dilakukan, sekarang saatnya memeriksa apakah keyboard sudah bersih. Coba juga memencet tombol satu persatu untuk meastikan apakah masih berfungsi, atau ada kerusakan karena kotoran tadi. Gimana sobat Omkumis, gampang kan membersihkan keyboard laptop. Selamat mencoba dan semoga informasi ini berguna


Lihat juga info dan tips lainnya di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}