GADGET

Laptop Terkena Air? Nggak Usah Panik, Lakukan 4 Langkah Pertolongan Pertama Ini

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 06/08/2017 23:32 WIB


Laptop Terkena Air? Nggak Usah Panik, Lakukan 4 Langkah Pertolongan Pertama Ini
Om Kumis - Laptop menjadi salah satu barang elektronik yang sangat berguna bagi kehidupan manusia pada saat ini. Kini, seiring dengan kemajuan teknologi, banyak tugas sekolah, kuliah, atau pekerjaan di kantor yang bisa diselesaikan dengan laptop. Mengingat betapa pentingnya fungsi laptop itu, selalu rawatlah laptop kamu supaya awet dan ngak cepat rusak. Namun apa jadinya saat laptop kesayangan kamu itu terkena air? Panik? Sedih?

Saat laptop terkena air, bisa jadi kamu langsung panik dan sedih dan berpikir bahwa kemungkinan besar laptop kesayangan kamu tak bisa digunakan lagi alias rusak. Wajar saja, soalnya laptop yang basah kemungkinan besar akan korslet, maklum namanya juga peralatan elektronik tentu harus terhindar dari air. Tapi apakah kepanikan dan kesedihan kamu itu bisa bikin laptop kamu menyala lagi?

Nah, kalau kamu mengalami kejadian yang tak diinginkan itu, nggak usah panik. Kamu hanya perlu tahu apa yang harus segera kamu lakukan untuk menyelamatkan laptop kesayangan kamu dari kerusakan parah akibat terkena air. Bagaimana caranya? Rileks, berikut ini Omkumis berikan tips tentang pertolongan pertama yang harus kamu lakukan pada laptop kesayangan kamu. Yuk, simak di bawah ini.

1. Matikan Laptop

Kredit Foto: gamek.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat laptop kesayangan kamu terkena air adalah dengan segera menekan tombol shutdown alias mematikannya. Dan yang paling penting lagi adalah segera lepas baterai dari tempatnya. Kenapa harus segera dimatikan? Namanya juga peralatan elektronik, saat terkena air, komponen dan mesin di dalam laptop akan mengalami arus pendek alias korsleting jika tidak segera di matikan.


2. Lepaskan Kabel Charger dan Jangan Nyalakan Laptop

Kredit Foto: giadinh.net.vn

Segera lepas kabel charger jika laptop kamu terkena air saat sedang di-charge. Hal ini untuk menghindari terjadinya setruman, karena air akan menghantarkan arus listrik yang lebih tinggi. Harus diingat juga, jangan pernah menyalakan laptop karena pasti terjadi korsleting yang bisa mengakibatkan komponen utama seperti motherboard dan komponen lainnya rusak.


3. Balikkan Laptop

Kredit Foto: engadget.com

Setelah mematikan laptop dan mencabut kabel charger, langkah selanjutnya adalah dengan segera balikkan laptop ke arah bawah atau posisikan laptop dalam keadaan terbalik. Hal ini dilakukan untuk membuang air alias memaksa air supaya keluar dari celah-celah keyboard sehingga air tidak masuk terlalu dalam ke bagian dalam laptop. Balikkan laptop hingga paling tidak sekitar satu hingga dua jam supaya semua air keluar dari dari dalam laptop.


4. Keringkan dan Bersihkan

Kredit Foto: cylex.de

Saat laptop dibalikkan, kamu bisa mempercepat pengeringan dengan menggunakan alat seperti kipas angin atau hair dryer. Tapi jika memakai hair dryer, aturlah suhunya supaya tidak terlalu panas. Kemudian setelah dirasa kering, bersihkan bagian-bagian laptop yang tadi terkena air. Cek semua bagian seperti keyboard, lubang kabel USB, lubang charger, dan yang lainnya, kemudian bersihkan bagian tersebut dengan cotton bud atau kapas. Hal ini dilakukan untuk menarik cairan dari bagian-bagian yang basah.


Nah, itu tadi 4 langkah pertolongan pertama yang harus kamu lakukan saat laptop kamu terkena air. Nggak ribet kan? Kamu hanya perlu tenang dan lakukan langkah-langkah diatas dan niscaya laptop kamu terhindar dari kerusakan yang lebih parah. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak informasi tentang teknologi, klik saja di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}