VIRAL

Begini Cara Mudah Memotret Gerhana Bulan Supaya Hasilnya Maksimal dan Ciamik!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 07/08/2017 22:00 WIB


Begini Cara Mudah Memotret Gerhana Bulan Supaya Hasilnya Maksimal dan Ciamik!
Om Kumis - Fenomena alam yang sayang untuk dilewatkan akan terjadi malam ini di langit Indonesia. Gerhana bulan parsial akan menghiasi langit dan bisa kamu saksikan dengan mata telanjang pada tanggal 7-8 Agustus 2017. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir bahwa gerhana bulan parsial ini akan berlangsung selama 5 jam 4,9 menit. Negara kita menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan fenomena alam yang menarik ini. Menurut Planetarium dan Observatorium Jakarta, waktu terbaik untuk menyaksikan gerhana bulan parsial ini adalah pada malam ini pukul 22:50 WIB, hingga Selasa (8/8) pukul 03:50 WIB.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan gerhana bulan sebagian ini, karena gerhana bulan berikutnya baru bisa kamu saksikan di Indonesia pada 19 Agustus 2035 mendatang atau 18 tahun lagi! Nah daripada menyesal, segera keluar rumah dan saksikan gerhana bulan parsial pada malam ini. Lebih asyik lagi kalau momen unik dan langka ini kamu abadikan dengan kamera.

Tapi, tentunya memotret bulan yang tertutp separuh ini tak segampang yang dikira. Ada tantangan tersendiri untuk mengabadikannya dan tentu butuh trik-trik khusus. Saat bulan mendekati penuh, sangat sulit untuk memotret bagian bulan yang paling terang secara mendetail. Selain itu pemilihan lokasi memotret juga menentukan bagus tidaknya hasil jepretan kamu. Lalu bagaimana cara mendapatkan hasil yang bagus saat memotret gerhana bulan parsial malam ini. Ikuti tips dan trik dari Omkumis di bawah ini.

1. Pilih Tempat

Kredit Foto: mashable.com

Pilihlah tempat yang paling ideal untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Carilah tempat yang tinggi supaya pandangan kamu nggak terhalang sehingga kamu bisa mengabadikan gerhana bulan sebagian ini secara leluasa dan sempurna dengan menggunakan kamera kesayangan kamu. Datanglah lebih awal sehingga kamu bisa mempersiapkan kamera dan mencari angle-angle yang sekiranya akan membuat hasil jepretanmu maksimal.

2. Gunakan Tripod

Kredit Foto: janastudio.in

Dalam suatu pemotretan, gerakan sedikit saja sudah membuat gambar jadi tak jelas alias kabur. Untuk itu sebaiknya gunakan tripod untuk mendapatkan hasil gambar yang stabil. Saat memotret objek yang berada diatas seperti gerhana bulan, penggunaan tripod akan membantu supaya gerakanmu terukur atau terkontrol. .

3. Setting

Kredit Foto: youtube.com

Setting-an yang tepat akan membuat jepretan kamu maksimal. Ingat, kamu akan memotret di malam hari dengan objek yang sangat jauh. Untuk mendapatkan ketajaman yang maksimal, saat bulan mendekati penuhaturlah ISO ke angka rendah dan pastikan dibawah 200, misalnya di angka 80-100. Gunakan diafragma diatas 8.0. Gunakan shutter speed rendah.


4. Gunakan Lampu Kilat

Kredit Foto: flickr.com

Namanya saja gerhana bulan, maka fenomena alam ini pasti terjadi malam hari. Untuk itu selalu gunakan lampu kilat untuk mendaptkan hasil yang maksimal. Menggunakan lampu kilat akan memperpendek waktu eksposur sehingga bulan tak mengalami overexposure. Karena ojeknya yang sangat jauh, gunakan settingan pembesaran lensa yang paling tinggi.

5. Jepret Sebanyak-banyaknya




Kredit Foto: pinterest.com

Karena gerhana bulan parsial adalah momen yang unik dan langka, jangan sayang untuk terus memotret. Jepret sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan foto terbaik. Oleh sebab itu, sebaiknyasiapkan kartu memori dengan kapasitas yang besar. Jangan ragu untuk terus menjepret gerhana bulan ini sampai mendapatkan hasil yang terbaik.

6. Pemilihan Latar Belakang

Kredit Foto: daurr.com

Pemilihan latar belakang foto yang bagus juga akan membuat hasil foto menjadi keren. Cari latar belakang seperti pohon, gedung, rumah, pemandangan kota, dan lain sebagainya untuk menunjang keindahan hasil foto kamu.


Itu tadi tips singkat dari Omkumis tentang cara mudah memotret gerhana bulan supaya hasilnya maksimal dan ciamik. Coba praktekkan tips diatas dan lihat hasilnya, dijamin keren!

Trending

  • {{ trend.numb }}