TEKNO

Memory Card Tak Terbaca atau Rusak? Atasi Dengan 5 Cara Ini, Dijamin Ampuh!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 14/08/2017 13:15 WIB


Memory Card Tak Terbaca atau Rusak? Atasi Dengan 5 Cara Ini, Dijamin Ampuh!
Om Kumis - Memory Card atau yang biasa disebut memori eksternal memiliki bentuk yang kecil, namun memiliki fungsi yang sangat besar untuk smartphone. Memory Card (MicroSD) berguna untuk menambah kapasitas media penyimpanan internal smartphone kamu  yang terbatas. Meskipun saat ini smartphone sudah mempunyai memori internal besar, terutama smartphone keluaran terbaru, namun kita tetap saja butuh kartu MicroSD untuk menyimpan data-data seperti foto dan video yang memiliki ukuran file besar.

Namun masalah bisa saja datang saat memory card kamu tak terbaca, atau bahkan rusak. Yang harus disadari adalah bahwa MicroSD memiliki kelemahan, yaitu ia merupakan hardware yang sangat sensitif sehingga bisa saja tak terbaca atau malah rusak. Ada beberapa faktor yang membuat MicroSD tak terbaca, salah satunya karena hard reset saat ada program atau aplikasi yang sedang berjalan pada memori.

Lalu apa yang harus dilakukan saat MicroSD tak terbaca? Nggak usah panik, berikut ini Omkumis berikan tips mengatasi memory card yang tak terbaca, berikut langkah-langkahnya. Simak baik baik ya.

1. Coba di Gadget lain

Kredit Foto: vforum.vn

Cara pertama untuk mengecek apakah MicroSD kamu masih bagus atau tidak adalah dengan mencobanya di gadget lain. Bisa jadi memory card kamu tak terbaca karena adanya kerusakan di gadget kamu. Kalau ternyata masih tak terbaca juga, coba lakukan langkah kedua di bawah ini.

2. Bersihkan kartu memori

Kredit Foto: powerdatarecovery.com

Salah satu faktor yang menyebabkan MicroSD tak terbaca adalah karena adanya kerusakan pada hardware, yang bisa jadi disebabkan karena kotor. Coba cabut memory card dan bersihkan lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan di MicroSD dengan penghapus pensil atau cotton bud. Gosok perlahan dan searah hingga bersih. Menggosok terlalu keras bisa merusakkan MicroSD.Setelah bersih coba masukkan kembali ke smartphone kamu. Jika masih saja belum terbaca, ikuti langkah ketiga di bawah ini.


3. Cek lewat Komputer (PC/laptop)

Kredit Foto: flickr.com

Langkah berikutnya adalah dengan mengecek lewat komputer atau laptop. Caranya mudah, hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data atau bisa juga dengan menyambungkan kartu memori ke PC/laptop. Kemudian buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, lalu pilih Properties > Tools > Error Checking. pada drive. Selama pengecekan error maka kerusakan di memory card juga akan diperbaiki.Tunggu saja proses pengecekan error hingga selesai.


4. Format dari PC/Laptop

Kredit Foto: hiveminer.com

Langkah selanjutnya jika MicroSD masih saja tak terbaca adalah memformatnya. Sebelumnya buatlah folder baru dan kemudian pindahkan semua isi data yang berada di dalam MicroSD itu ke dalam folder baru tadi. Kemudian format Memory card. Setelah diformat, kembalikan data di folder baru tadi ke dalam Micro SD.

5. Format MicroSD dari Android

Kredit Foto: appsgames.ru

Langkah berikutnya adalah melakukan MicroSD lewat Android kamu. Caranya sangat gampang. Langkah pertama masuk ke menu Setting, lalu pencet Storage. Kemudian pilih menu Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru.

Nah itu tadi tips dari Omkumis tentang cara mengatasi memory card yang tak  terbaca atau malah rusak sama sekali. Coba lakukan lima lagkah diatas supaya MicroSD kamu bisa terbaca dan bisa digunakan lagi. Kalau ingin tahu lebih  banyak tentang artikel smartphone, klik saja link berikut.

Trending

  • {{ trend.numb }}