TEKNO

Facebook Luncurkan Facebook Watch, Layanan Video Untuk Tantang YouTube

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Selasa, 15/08/2017 15:48 WIB


Facebook Luncurkan Facebook Watch, Layanan Video Untuk Tantang YouTube
Om Kumis - Situs web apa yang kamu buka saat ingin melihat video-video yang menarik seperti musik, informasi, cuplikan kejadian lucu, dan video menarik lainnya? Jawaban pertama tentu adalah: YouTube. Ya, saat ini YouTube menjadi platform video paling populer dan seolah tak ada saingannya. Sebagai situs web berbagi video, penggunanya tak hanya bisa menonton video saja, melainkan juga berbagi video, dan juga membuat konten video sendiri. Yang menarik adalah sang pembuat konten video bisa mendapatkan uang dari video yang diunggahnya ke YouTube. Maka tak heran YouTube semakin populer dan belum ada yang mampu menyaingi.

Namun kini YouTube harus waspada karena raksasa media sosial, Facebook, bakal mencoba menggoyang kenyamanan YouTube dengan menantangnya secara langsung. Facebook telah menciptakan fitur video khusus untuk menyaingi YouTube dan jaringan TV. Platform video pesaing YouTube ini bernama 'Watch' dan bakal tersedia dalam bentuk aplikasi mobile, televisi, desktop, dan laptop. Facebook mengumumkan bahwa mereka akan segera merilis Watch dalam waktu dekat ini.

Kredit Foto: dailymail.co.uk


Facebook menyatakan bahwa mereka membuat platform video ini setelah melihat perilaku penggunanya yang ternyata sebagian besar suka melihat video di News Feed Facebook. Raksasa media sosial itupun kemudian memberi tempat khusus untuk para penggunanya supaya bisa menonton video dengan nyaman. Dengan fitur baru tersebut, para pengguna Facebook bisa lebih mudah untuk memilih video dan pertunjukan yang disukainya.

Facebook juga menyatakan bahwa mereka akan membuat beragam jenis tayangan, seperti reality show, komedi, dan siaran langsung olahraga. Facebook sendiri juga ikut mendanai beberapa acara yang bakal tayang di Watch. Dengan demikian, tak hanya YouTube saja yang bakal tersaingi, melainkan juga Netflix, serta tentunya jaringan-jaringan TV tradisional.

Kredit Foto: campaignlive.co.uk


Facebook Watch dirancang untuk terkait dengan selera penonton, terutama oleh komunitas-komunitas di Facebook. Berbagai macam tayangan langsung di Facebook Watch difokuskan untuk mengumpulkan komunitas. Oleh sebab itu pengguna Facebook yang menjadi kreator konten video yang orisinil sangat diutamakan oleh Facebook Watch. Seiring ketatnya persaingan untuk merebut kue iklan dalam persaingan layanan video online, Facebook Watch tak lupa akan memanjakan para pengiklan dengan memberikan layanan tayangan langsung yang menghubungkan brand dengan fans dan komunitas.

Sebagai layanan video yang dirancang untuk menjadi pesaing serius YouTube, Facebook Watch juga menawarkan kerja sama untuk kreator konten video orisinil untuk mendapatkan uang dari setiap video orisinil yang diunggah di Facebook Watch. kerja sama dengan pembuat konten ini sebelumnya diterapkan oleh YouTube, dimana sang pembuat konten lebih dikenal sebagai YouTubers.

Kredit Foto: memeburn.com


Facebook Watch dikabarkan akan memberikan 55 persen pendapatan yang diterima dari iklan kepada sang pembuat konten orisinil. Sedangkan Facebook akan menerima 45 persen sisanya sebagai sang pemilik platform. Kerja sama yang ditawarkan Facebook ini diharapkan akan membuat para pembuat konten orisinil terpacu dan semakin kreatif membuat konten video untuk diunggah di Facebook Watch. Nah, gimana nih sobat Omkumis, apakah tertarik untuk menjadi mitra Facebook Watch?

Namun sayangnya layanan Facebook Watch ini belum bisa dinikmati oleh semua penggunanya untuk saat ini. Facebook Watch baru diuji coba untuk kalangan terbatas dan baru pengguna di Amerika Serikat saja yang bakal bisa menjajal fitur uji coba ini sebelum nantinya akan bisa dinikmati oleh pengguna global, termasuk di Indonesia.

Trending

  • {{ trend.numb }}