TEKNO

Sadar Gak, 8 Kebiasaan Buruk Yang Sering Kita Lakukan Ini Bikin Smartphone Cepat Rusak

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Jumat, 18/08/2017 15:17 WIB


Sadar Gak, 8 Kebiasaan Buruk Yang Sering Kita Lakukan Ini Bikin Smartphone Cepat Rusak
Om Kumis - Sekarang ini smartphone sudah tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari umat manusia di jaman modern ini. Harus diakui dan disadari saat ini smartphone sudah menjadi pendamping setia yang sangat bermanfaat untuk memudahkan urusan apapun dalam kehidupan sebagian besar manusia. 

Mengingat betapa pentingnya smartphone buat kita, sudah seharusnya menjaganya supaya terus bisa berfungsi dan tak cepat rusak. Mungkin kamu pernah mengeluh tentang smartphone kamu yang cepat rusak padahal kamu belum lama membelinya. Nah, tahukah kamu bahwa ada beberapa kebiasaan menggunakan smartphone yang terlihat sepele namun tanpa kamu sadari justru membuat smartphone kamu cepat rusak.

Sekarang yang perlu kamu tahu adalah apakah cara kamu menggunakan dan memperlakukan smartphone kesayanganmu sudah benar? Nah, supaya nggak bingung dan mengeluh kenapa smartphone kamu cepat rusak, simak beberapa penyebabnya di bawah ini.

1.  Menggunakan Smartphone Saat Lagi di-Charge

Kredit Foto: bbcpaknews.com

Tetap menggunakan smartphone yang sedang di-charge adalah kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Ternyata kebiasaan ini bikin smartphone jadi cepat rusak. Batere yang sedang diisi daya (di-charge) akan menjadi panas. Nah, jika kamu tetap main smartphone saat sedang di-charge maka intensitas panas di baterai smartphone pun kian meningkat. Hal ini akan menurunkan kualitas baterai sehingga umur baterai akan singkat.


2. Mengisi Baterai Setelah Habis Total

Kredit Foto: newatlas.com

Kita sering lupa mengisi daya batere smartphone, dan kemudian baru mengisinya saat dayanya sudah benar-benar habis alias sudah habis total. Hal ini bisa membuat batere tak berumur panjang. Hentikan kebiasaan buruk ini dan usahakan untuk segera mengisinya saat batere pada level 10-20%.

3. Menggunakan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Kredit Foto: pinterest.com

Kebiasaan buruk berikutnya yang bikin smartphone cepet rusak adalah menggunakan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Apalagi setlah menggunakan banyak aplikasi, kemudian lupa menutupnya. Kebiasaan buruk seperti ini akan bikin daya baterai smartphone kamu cepat habis. Kalau kamu sering melakukannya, maka bisa dipastikan batere dan smartphone kamu cepat rusak.


4. Malas Update Aplikasi dan OS

Kredit Foto: gadgetsloud.com

Salah satu kebiasaan buruk pengguna smartphone adalah mengabaikan notifikasi untuk update aplikasi atau OS. Mungkin alasannya adalah karena tak mau kehilangan banyak kuota. Padahal ini kebiasaan yang salah. Update aplikasi atau OS berguna untuk menambal celah di sistem, sehingga lebih aman dari serangan virus.


5. WiFi dan Bluetooth Terus Menyala

Kredit Foto: holacel.com

Salah satu penyebab batere cepat habis dan rusak adalah fitur WiFi dan Bluetooth yang lupa dimatikan dan terus menyala. Hal ini membuat smartphone kamu mencari koneksi terus menerus. Sebaiknya biasakan untuk mematikan fitur WiFi dan Bluetooth saat tidak sedang menggunakannya supaya batere dan smartphone kamu awet.


6. Sembarangan menggunakan WiFi Umum

Kredit Foto: webtekno.com

Bisa mendapatkan sambungan WiFi secara gratis di tempat umum sungguh sangat menyenangkan. Kuota data internet kita menjadi lebih awet. Namun ternyata hal ini menyimpan bahaya dan berisiko membuat smartphone cepat rusak. Salah satu hal yang paling mungkin terjadi adalah data-data di smartphone kamu bisa tercuri hacker jahat.


7. Penggunaan Casing Yang Salah

Kredit Foto: pinterest.com

Menggunakan casing yang berwrna-warni atau dengan desain yang unik memang bikin smartphone kamu terlihat lebih keren. Tapi ternyata hal itu bisa berpengaruh buruk untuk keawetan smartphone kamu. Pemilihan casing yang salah bisa membuat smartphone ebih cepat panas dan tentunya daya baterai langsung berkurang drastis. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka bisa saja smartphone kamu bakal cepat rusak.


8. Sembarangan Menyimpan Smartphone

Kredit Foto: eldoce.tv

Smartphone selalu kita bawa kemana-mana, dan tempat yang paling sering kita gunakan untuk menyimpan smartphone adalah saku celana. Ternyata kebiasaan ini bisa membuat smartphone kamu cepat rusak. Menyimpan smartphone di saku celana yang ketat akan membuat layarnya sering tergores. Hal ini membuat sensitivitas layar bisa berkurang sehingga lama-lama rusak.


Itu tadi 8 kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para pengguna smartphone sehingga membuat smartphone cepat rusak. Mulai sekarang, hilangkan kebiasaan buruk itu ya supaya smartphone kamu awet. Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak tips dan informasi penting tentang teknologi, klik saja di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}