TEKNO

Mau Beli Laptop Baru? 6 Hal Penting Ini Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelumnya

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 21/08/2017 20:01 WIB


Mau Beli Laptop Baru? 6 Hal Penting Ini Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelumnya
Om Kumis - Laptop adalah salah satu barang elektronik yang sangat berguna dalam membantu dan memudahkan pekerjaan kita sehari-hari.Mulai dari pelajar, mahasiswa, membutuhkan laptop untuk menyelesaikan tugas-tugas. Begitu juga dengan para pekerja kantoran yang membutuhkan laptop untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bagi kamu yang berencana membeli laptop baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan. Kamu harus jeli dan pintar-pintar memilih laptop agar tak salah beli. Yang pasti, kamu harus memilih laptop dengan kualitas baik dan tentunya harus sesuai dengan kebutuhan.

Seperti diketahui saat ini banyak sekali laptop di pasaran yang dijual dengan harga yang variatif dengan spesifikasi yang ciamik. Nah, sebelum membeli laptop baru, berikut ini Omkumis berikan saran untuk mempertimbangkan berbagai hal di bawah ini supaya kamu tak salah beli. Yuk, simak di bawah ini.

1. Budget

Kredit Foto: waktuku.com

Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum membeli laptop baru tentu saja budget alias ketersediaan uang kamu. Semakin besar budget yang kamu siapkan tentu akan semakin bagus kualitas dan semakin tingginya spesifikasi laptop yang bisa kamu dapatkan. Namun nggak usah khawatir, saat ini banyak tersedia laptop dengan harga yang terjangkau. Yang penting adalah carilah laptop yang sesuai dengan kebutuhan kamu.


2. Layar

Kredit Foto: tested.com

Layar juga menjadi bagian laptop yang harus dipertimbangkan sebelum membeli laptop baru. Ingat, kamu bakal sering-sering menatap layar laptop, sehingga pilihlah layar yang nyaman untuk dilihat. Selain itu ukuran layar laptop juga penting untuk dipertimbangkan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu sehari-hari. Jika kamu sering berpindah-pindah tempat saat menggunakan laptop, pilihlah yang ukuran kecil, yaitu 11" - 13". Laptop dengan ukura layar kecil tentu akan lebih ringan dibawa. Jika kamu menggunakan laptop untuk mengedit foto, video atau bermain game maka pilihlah layar besar berukuran 15". Sedangkan laptop yang paling banyak digunakan saat ini adalah laptop dengan layar berukuran 13" - 14".


3. keyboard

Kredit Foto: computershopper.com

Keyboard menjadi bagian penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli laptop. Jika kamu sering mengetik, pilihlah keyboard yang nyaman digunakan. Perhatikan jarak antar tombol di keyboard. Pilihlah yang jaraknya agak renggang sehingga kamu nggak kesulitan saat mengetik. 


4. Port

Kredit Foto: gearopen.com

Fasilitas port sangat penting untuk menunjang kebutuhan kamu menggunakan laptop. Pilihlah laptop yang menawarkan port paling lengkap seperti port untuk USB, headset, hingga card reader. Hal ini akan membuat kamu nggak kesulitan ketika ingin menyambungkan laptop ke perangkat lain.

5. Baterai

Kredit Foto: wikimedia.org

Baterai menjadi komponen yang sangat penting untuk laptop. Bagi kamu yang sering menggunakan laptop, terutama di luar ruangan yang jauh dari colokan listrik, tentu kamu membutuhkan laptop dengan kapasitas baterai yang besar. Semakin besar kapasitas baterai, tentunya masa hidup laptop akan lebih lama. 


6. Spesifikasi

Kredit Foto: pinterest.com

Pertimbangkan spesifikasi lengkap laptop sebelum membelinya. Biasanya, semakin mahal harga laptop berbanding lurus dengan spesifikasi yang ditawarkan. Perhatikan dengan seksama tentang kecepatan prosesor, kapasitas memori RAM, VGA, dan kapasitas hard disk. Pilihlah laptop dengan kualitas baik.


Nah itu tadi panduan singkat dari Omkumis tentang beberapa hal yang harus diperhatikan dan  dipertimbangkan sebelum membeli laptop baru. Setelah membelinya, jangan lupa untuk selalu merawatnya supaya laptop kesayangan kamu nggak mudah rusak dan tentunya awet. Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak informasi seputar teknologi, klik saja di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}