TEKNO

Google Meresmikan Oreo Sebagai Nama Android 8.0. Ini Dia Alasannya

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Selasa, 22/08/2017 11:02 WIB


Google Meresmikan Oreo Sebagai Nama Android 8.0. Ini Dia Alasannya
Om Kumis - Setelah menjadi perbincangan hangat dengan berbagai macam spekulasi, akhirnya Google meresmikan nama baru untuk sistem operasi Android terbaru mereka atau yang dikenal dengan Android O. Dalam sebuah acara khusus yang di Manhattan, New York, Amerika Serikat, Google secara resmi mengumumkan versi Android 8.0 diberi nama "Oreo".  Yang menarik adalah, nama Oreo ini diresmikan bertepatan dengan momentum Gerhana Matahari Total yang jatuh pada 21 Agustus 2017.

Bukan tanpa alasan Google memilih lokasi peresmian nama Android 8.0 Oreo yang bertempat di 14th Street Park, Manhattan, New York. Di seberang lokasi peresmian itu adalah Pasar Chelsea, tempat bersejarah untuk Oreo. Di tempat itulah ada pabrik Nabisco asli, dimana Oreo pertama ditemukan. Di tempat ini pula, untuk kali pertama pula Google memamerkan patung maskot Android di luar markasnya yang berada di Mountain View, California.



Sebelum nama Oreo diresmikan, sempat beredar spekulasi tentang nama baru yang akan diberikan oleh Google untuk Android O. Sempat muncul nama 'Orellete', 'Octopus', 'Oatmeal Cookie', dan juga 'Orange Julius'. Nama-nama unik ini muncul karena kebiasaan Google dalam menamai sistem operasi Android selama ini yang selalu diambil dari nama camilan yang manis. Ternyata Google memilih Oreo sebagai nama Android versi terbaru mereka.

Penggunaan nama unik yang diambil dari nama sebuah produk, bukan pula hal baru yang dilakukan oleh Google. Sebelumnya, Google pernah mengunakan nama 'KitKat' untuk Android terbaru versi 4.4 pada tahun 2013 silam. Ternyata alasan khusus kenapa Google memilih nama Oreo. Rupanya hal ini diilhami karena Oreo merupakan camilan favorit para engineer Google yang bekerja mempersiapkan Android versi 8.0.  Fakta menarik ini diungkapkan oleh Sagar Kamdar, Director Product Management Android di Google.

"Para engineer di microkitchens Google punya Oreo di manapun dan mengonsumsi Oreo dengan susu mereka," demikian ujar  Kamdar seperti dikutip dari CNet.

Kredit Foto: theguardian.com


Google mengonfirmasi bahwa Android Oreo sudah tersedia melalui Android Open Source Project (AOSP). Saat ini Android Oreo tengah dalam pengujian operator di beberapa ponsel buatan Google, seperti Nexus 5P, Nexus 6P, Pixel, dan Pixel XL. Untuk ponsel lain, Google menjanjikan Android Oreo tersedia pada akhir 2017 ini. 

Berbicara mengenai kelebihan Android Oreo, dipastikan Android versi terbaru ini menawarkan adanya peningkatan di sektor keamanan lewat aplikasi yang bernama Goolge Play Protect. Selain itu optimisasi sistem operasi pada Android Oreo diyakini bakal makin kencang dan menghasilkan performa dua kali lebih cepat dari versi sebelumnya. Sedangkan untuk sumber daya,
Android Oreo akan meminimalkan penggunaan baterai dan data yang tidak disengaja akibat  aplikasi yang berjalan di latar belakang lewat  fitur 'background limit'.

Ada juga fitur picture in picture untuk menunjang produktivitas dengan dua aplikasi pada satu waktu. Sedangkan untuk yang suka chatting, Android Oreo juga akan hadir dengan 60 emoji baru. Nah, pasti sobat Omkumis sudah nggak sabar lagi  untuk mencicipi Android Oreo pada perangakat Pixel dan Nexus.

Trending

  • {{ trend.numb }}