TEKNO

Ini Dia 5 Game Dengan Biaya Pembuatan Paling Mahal Sepanjang Masa. Mana Favoritmu?

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Kamis, 07/09/2017 16:50 WIB


Ini Dia 5 Game Dengan Biaya Pembuatan Paling Mahal Sepanjang Masa. Mana Favoritmu?
Om Kumis - Bermain game adalah salah satu cara yang paling sering dilakukan untuk mengusir kebosanan. Seiring dengan perkembangan teknologi, industri pembuatan game semakin tumbuh dengan pesat. Para publisher atau developer game pun semakin sengit bersaing dan tak main-main dalam membuat game yang berkualitas dan keren demi menarik minat para gamer.

Banyak publisher game tak segan mengeluarkan uang dalam jumlah fantastis, bahkan hingga mencapai ratusan juta dolar Amerika Serikat demi bisa menghasilkan game yang keren dan berkualitas  baik dari sisi visual, gameplay, animasi dan fitur penunjang lainnya. Setelah proses produksi atau pembuatan game selesai, masih dibutuhkan uang yang tak sedikit untuk keperluan pemasaran.

Tau ngga, ada beberapa game yang biaya produksinya menelan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan biaya pembuatan film box office Hollywood, lho. Nah, mau tahu game apa saja yang biaya produksinya bisa mencapai triliunan rupiah? Berikut ini Omkumis rangkumkan lima game dengan biaya pembuatan termahal sepanjang masa. Yuk, simak di bawah ini


#5  Shenmue II - USD 132 juta (Rp2,3 Triliun)


Shenmue memang game lawas. Game ini dibuat oleh Sega AM2 dan dirilis oleh Sega pada 2001 silam. Game bergenre  open-world action-adventure ini menawarkan tampilan visual 3D yang luar biasa keren pada jaman itu. Pembuatan game Shenmue II itu menghabiskan biaya fantastis, yaitu sebesar 132 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp1,7 triliun!


#4 Star Wars: The Old Republic - USD 200 juta (Rp2,6 Triliun)

Kredit Foto: mmoexaminer.com


Star Wars: The Old Republic adalah game besutan EA dan Bioware yang dirilis pada tahun 2011. Game keren dengan format MMORPG yang bisa dimainkan secara online. Bisa dibilang game ini adalah game franchise Star Wars terbaik dari sekian banyak game Star Wars yang pernah dibuat. Biaya pembuatan game ini menelan dana USD 200 juta atau sekitar Rp2,6 triliun. Wajar saja game ini menelan biaya fantastis karena ada 4.000 karakter di game ini, dan melibatkan 1000 pengisi suara dalam tiga bahasa yang berbeda.


#3 Call of Duty: Modern Warfare 2 - USD 221 juta (Rp3,3 Triliun)

Kredit Foto: youtube.com

Game Call Of Duty: Modern Warfare ini dirilis pada November 2009. Game ini mendapat sambutan positif, dan dalam satu hari game ini terjual sekitar 4,7 juta kopi di seluruh dunia. Game keenam dari seri Call of Duty ini mencapai kesuksesan yang luar biasa. Namun untuk membangun game yang fenomenal ini dibutuhkan dana yang luar biasa besar. Pembuatan game Modern Warfare 2 menelan total biaya sekitar Rp3,3 triliun!


#2 Grand Theft Auto V - USD 265 juta (Rp3,5 Triliun)

Kredit Foto: pinterest.com

Game Grand Theft Auto V atau yang lebih akrab disebut GTA V dirilis pada September 2013. GTA V sangat fenomenal, sejak dirilis, game ini sudah terjual sebanyak 11 juta kopi dan meraih keuntungan sekitar Rp 10 triliun, hanya dalam waktu 24 jam! Bahkan GTA V berhasil memecahkan tujuh rekor Guinness World Record sekaligus untuk kategori video game dan hiburan. Untuk membangun dan mengembangkan GTA V, Rockstar yang merupakan pengembang game ini menghabiskan dana yang fantastis, yaitu lebih dari USD 265 juta atau setara dengan Rp3,5 triliun!


#1 Destiny - USD 500 juta (Rp6,5 Triliun)

Kredit Foto: gamerant.com

Game Destiny dirilis pada tahun 2014 lalu. Sejak pertama kali diumumkan, game besutan Bungie Studios dan Activision ini memecahkan rekor sebagai game dengan jumlah pre-order terbanyak sepanjang masa. Dalam waktu 24 jam sejak perilisan,
Destiny berhasil meraup keuntungan hingga Rp 9,6 triliun! Destiny juga menjadi game termahal sepanjang masa. Untuk biaya pembuatan game ini, Bungie Studios dan Activision menghabiskan dana sebesar USD 500 juta atau sekitar Rp6,5 triliun!


Wow, mahal sekali ya biaya yang dibutuhkan untuk membuat lima game diatas. Sobat Omkumis, dari kelima game diatas,game apa yang jadi favoritmu? Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak info tentang teknologi, langsung saja klik di sini.

Baca juga:

Trending

  • {{ trend.numb }}