TEKNO

Selain WhatsApp, Ini Dia 10 Aplikasi Populer yang Diblokir di China

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Selasa, 26/09/2017 22:01 WIB


Selain WhatsApp, Ini Dia 10 Aplikasi Populer yang Diblokir di China
Om Kumis - Pemerintah China akhirnya benar-benar memblokir WhatApp, layanan pesan instan paling populer di dunia milik Facebook. Setelah berupaya memblokir WhatsApp di negara tirai bambu itu pada pertengahan 2017 lalu dengan  memblokir sebagian fitur seperti pengiriman foto dan video, kali ini pemerintah China benar-benar tegas memutuskan untuk memblokir aplikasi WhatsApp. Sejak awal pekan ini semua layanan WhatsApp di China dilaporkan sudah tidak berfungsi, termasuk pesan teks.

Dengan tak bisa digunakannya WhatsApp di negara mereka, penduduk China harus menggunakan layanan pesan lainnya yang masih diperbolehkan di China,  seperti WeChat yang merupakan aplikasi layanan instan buatan China. Sebenarnya pemblokiran aplikasi oleh otoritas China, terutama yang bukan buatan China, bukan hal yang baru di negara dengan penduduk terbanyak di dunia itu. Pemblokiran WhatApp ini adalah salah satu upaya pemerintah China untuk memperketat pengawasan terhadap aplikasi yang beredar di negara tirai bambu tersebut.

Sebelum WhatsApp tercatat ada beberapa aplikasi populer yang tak boleh digunakan di China. Mau tahu aplikasi populer apa saja yang diblokir oleh pemerintah China? Yuk, simak rangkuman khas Omkumis di bawah ini.

1. Facebook

Kredit Foto: freegreatpicture.com

Facebook, media sosial paling populer di dunia ini sudah diblokir China pada tahun 2009 silam. Pemerintah China memblokir Facebook karena beranggapan bahwa aplikasi media sosial lokal bakal sulit berkembang jika Facebook dibiarkan beredar di China. Kebijakan ini membuat situs pertemanan buatan China seperti Renren semakin populer di negaranya.

2. YouTube

Kredit Foto: pixabay.com

Situs berbagi video yang paling banyak penggunanya di dunia, YouTube, juga tak bisa diakses di China setelah otoritas setempat memblokirnya pada tahun 2008. Pemblokiran itu dilakukan pemerintah China sesaat setelah terjadinya kerusuhan di Tibet. China beralasan bahwa pemblokiran YouTube adalah upaya untuk melindungi warganya dari informasi yang salah.

3. Instagram

Kredit Foto: pexels.com

Instagram resmi diblokir oleh pemerintah China  sejak tahun 2014 silam. Pemblokiran ini dilakukan setelah semakin maraknya protes kelompok pro-demokrasi di Hongkong pada 2014 lalu dimana para pemrotes menggunakan Instagram sebagai media menyebarkan pesan ke seluruh dunia.


4. Twitter

Kredit Foto: pixabay.com

Aplikasi microblogging yang sangat populer di dunia, Twitter, tak bisa diakses di China sejak tahun 2011 silam. Salah satu alasan pemblokiran Twitter di China ditengarai karena ketakutan pemerintah China bahwa twitter akan digunakan untuk mempelopori gerakan seperti saat peristiwa Arab Spring pada 2009 dan juga Revolusi Hijau Iran. Namun pemblokiran twitter itu membuat situs microblog buatan lokal, Weibo, menjadi sangat populer di China.


5. Google

Kredit Foto: pixabay.com

Google adalah mesin pencari yang paling populer dan paling banyak penggunanya di dunia. Setelah beberapa kali memblokir dan menyensor Google, pemerintah  China akhirnya benar-benar memblokir Google pada 2014 silam. Semua layanan Google seperti Gmail, Google Maps, Google Plus, Google Drive, atapun Google Photos sama sekali tak bisa diakses di negara tirai bambu tersebut. Sebagai gantinya, mesin pencari buatan lokal, Baidu, langsung meroket jumlah penggunanya.


6. Snapchat

Kredit Foto: flickr.com

Aplikasi foto dan video yang tengah naik daun dan sangat populer di China, Snapchat, tak lolos dari bendungan pemerintah China. Snapchat tak bisa diakses di China dengan alasan supaya aplikasi buatan lokal lebih berkembang.

7. Pinterest

Kredit Foto: buzzmonitor.es

Situs berbagi konten yang populer, Pinterest, diblokir pemerintah China pada tahun ini. Pemblokiran ini ditengarai mengandung unsur politik dan ekonomi. Selain itu, di China, situs buatan luar negeri yang digunakan untuk berbagi konten memang mendapat pengawasan khusus.

8. Line

Kredit Foto: flickr.com

Alikasi chatting yang sangat populer, Line, juga tak lolos dari pemblokiran di China. Line tak bisa di akses di seluruh China pada 2014 silam. Pemerintah Cina beralasan bahwa mereka telah memblokir  Line sebagai upaya memberantas terorisme. Namun  pemblokiran itu ditengarai karena pemerintah Cina berusaha memblokir informasi tentang protes pro-demokrasi di Hong Kong.

9. Kakao Talk

Kredit Foto: technode.com

Aplikasi chatting buatan Korea Selatan, Kakaotalk, diblokir oleh pemerintah China pada saat yang bersamaan dengan pemblokiran terhadap Line. Alasan pemblokirannya pun sama dengan Line, yaitu sebagai upaya memberantas terorisme.


10. Flickr


Aplikasi berbagi foto buatan Yahoo!, Flickr, diblokirdi China pada tahun 2014 lalu. Sebelumnya Flickr juga sempat dilarang selama beberapa saat pada tahun 2007. Kebebasan setiap pengguna Flickr untuk membagikan foto membuat pemerintah China tak suka dan kemudian memilih memblokirnya.

Itu tadi 9 aplikasi selain WhatsApp yang diblokir oleh pemerintah China. Salah satu alasan yang paling kuat tentang keputusan pemblokiran aplikasi populer itu adalah supaya aplikasi buatan China lebih berkembang dan populer di negaranya sendiri. Masih ingin tahu lebih banyak lagi informasi menarik tentang teknologi? Langsung saja klik di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}