TEKNO

5 Kesalahan Sepele Ini Ternyata Bikin Layar Smartphone Cepet Rusak, Lho

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 25/12/2017 08:47 WIB


5 Kesalahan Sepele Ini Ternyata Bikin Layar Smartphone Cepet Rusak, Lho
Om Kumis - Layar adalah salah satu komponen smartphone yang sangat penting. Apalagi hampir semua smartphone menggunakan teknologi touch screen alias layar sentuh. Apa gunanya jika spesifikasi smartphone kamu canggih dengan prosesor super cepat, kapasitas RAM yang besar, media penyimpanan yang super besar, teknologi kamera yang canggih, tapi layar smartphone kamu rusak dan tak bisa menampilkan gambar? Percuma bukan?

Ya, kelemahan dari layar sentuh adalah jika kamu tak merawatnya secara benar, maka performanya akan menurun, entah karena goresan, gambarnya buram dan sebagainya. Memang benar smartphone keluaran terbaru banyak yang sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass yang tahan dari goresan, namun tetap saja layar smartphone butuh perawatan khusus.

Namun karena semakin canggih dan kuatnya layar smartphone terbaru, banyak pengguna yang menyepelekan perawatan layar smartphone. Banyak kasus terjadinya kerusakan layar smartphone adalah karena kesalahan yang tampak sepele dalam memperlakukan smartphone. Nah, kamu harus tahu apa kesalahan yang bikin layar smartphone kesayangan kamu cepet rusak. Simak penjelasan Omkumis dibawah ini yuk.

1. Tidak Memasang Screen Protector

Kredit Foto: digiro.ir

Jangan pernah menyepelekan pentingnya penggunaan screen protector pada smartphone kamu. Screen protector sangat berguna untuk melindungi layar smartphone kamu dari debu, kotoran, minyak, dan juga goresan yang bisa bikin layar smartphone kamu rusak.

2. Menekan Layar Terlalu Keras

Kredit Foto: twitter.com

Jangan keseringan menekan layar smartphone kamu dengan keras meskipun kamu sedang kesal atau marah. Ingat, layar smartphone adalah komponen yang sangat responsid dan sensitif. Menekan layar dengan keras bisa bikin sensitifitas layar smartphone kamu terganggu.


3. Membersihkan Layar Dengan Kuku

Kredit Foto: ohgizmo.com

Salah satu kebiasaan buruk yang harus kamu hilangkan adalah membersihkan kotoran yang menempel di layar smartphone kamu dengan kuku. Layar smartphone kamu bisa tergores akibat gesekan kuku kamu yang tajam. Sebaiknya gunakan kain yang lembut untuk membersihkan layar smartphone.

4. Sembarangan menaruh

Kredit Foto: gizmodo.in

Salah satu kesalahan yang terlihat sepele adalah saat kamu menaruh atau menyimpan smartphone secara sembarangan alias di tempat yang tidak semestinya. Misalnya saat bepergian kamu asal menaruh smartphone di dalam tas atau di saku celana jins. Sebelum menaruh di tas atau saku, pastikan bahwa tak ada benda keras atau tajam yang bisa menggores layar smartphone kamu.


5. Terkena Sinar Matahari Langsung

Kredit Foto: tech.ifeng.com

Jangan terlalu lama membiarkan smartphone kamu terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini berbahaya bagi panel layar smarthone kamu. Hindarkan smartphone dari sinar matahari langsung untuk menghindarkan terkelupasnya panel layar smartphone.


Nah sobat Omkumis, itu tadi kebiasaan dan kesalahan yang terlihat sepele tapi ternyata bisa bikin layar smartphone kamu cepat rusak. Mulai sekarang segera hentikan kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan itu supaya smartphone kamu awet. Dapatkan info-info emanrik lainnya dan juga tips seputar smartphone dan teknologi, di sini.