TEKNO

Begini 4 Cara Mudah Merawat Earphone Supaya Awet dan Terjaga Kualitasnya

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Sabtu, 30/12/2017 15:56 WIB


Begini 4 Cara Mudah Merawat Earphone Supaya Awet dan Terjaga Kualitasnya
Om Kumis - Salah satu aksesoris smartphone yang hampir selalu dibawa orag kemana-kemana adalah earphone atau headphone. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kini setiap orang bisa mendengarkan musik atau menonton film dimana saja dan kapan saja secara online atau streaming. Nah, itulah gunanya punya earphone. Meski terlihat sepele tapi ternyata earphone punya manfaat yang besar lho.

Mengingat betapa pentingnya earphone untuk menemani aktivitas sehari-hari, sudah seharusnya kamu merawat alat pendengar suara itu agar nggak gampang rusak alias awet. Earphone yang terawat tentu kualitasnya juga terawat dan sang pengguna lebih nyaman memakainya. Lalu bagaimana merawatnya? Tenang, Omkumis akan bagikan tips merawat earphone khusus untuk kamu. Yuk, langsung simak di bawah ini.

1. Tempat Penyimpanan

Kredit Foto: Music-blvd.com

Salah satu kebiasaan buruk pengguna earphone adalah dengan meletakkan atau menyimpannya secara sembarangan. Kebanyakan orang, mungkin termasuk kamu, sering menaruh earphone secara sembarangan misalnya di saku celana atau di dalam tas bersama barang-barang lain. Tahukah kamu, hal ini bisa membuat kabel jadi kusut dan kepala earphone tertindih. Untuk menghindarinya, sediakan media penyimpanan khusus supaya kabel earphone tidak kusut dan kepalanya tidak tertindih.


2. Penggulungan Kabel

Kredit Foto: kickstarter.com

Seperti sudah dijelaskan di poin nomor satu di atas, menyimpan earphone di tas bisa membuat kabelnya jadi kusut dan beresiko rusak. Ya, mulai sekarang jangan sembarang melipat atau menggulung kabel earphone. Gulungkah kabel dengan benar dan pastikan tidak ada kabel yang tertekuk, misalnya dengan menggulungkan kabel di tiga atau empat jari tanganmu sebelum mengikatnya . Cara menggulung kabel yang salah menimbulkan resiko rusaknya komponen di dalam kabel.


3. Pengaturan Volume

Kredit Foto: allaboutwindowsphone.com

Biasakan untuk menyetel volume gadget kamu dengan sewajarnya saja, alias jangan terlalu keras atau kencang. Menyetel volume terlalu kencang berbahaya buat kesehatan telinga kamu. Namun tak hanya telinga yang akan terganggu, melainkan juga earphone kamu bakal bermasalah. Kualitas suara yang dihasilkna earphone kamu bakal menurun. Terlalu sering menyetel volume dengan kencang bikin suara di earphone jadi tak jernih lagi. Selain itu earphone kamu bisa ‘bocor’ alias terdengar dari luar.


4. Bersihkan dari Debu dan Kotoran Lainnya

Kredit Foto:gabworthy.com

Selalu pastikan bahwa kepala earphone kesayangan kamu bersih dari debu yang menempel. Debu yang menempel dan dibiarkan dalam waktu lama akan terus mengendap dan membuat kualitas suara yang dihasilkan earphone akan menurun. Kepala earphone yang kotor membuat suara yang terdengar juga ‘kotor’ alias tidak jernih. Bersihkan secara rutin. Kamu bisa menggosoknya dengan sikat gigi yang kering, atau juga bisa mengelapnya dengan alkohol.

Nah sobat Omkumis, itu tadi tips mudah merawat earphone supaya nggak cepet rusak dan bisa bertahan lama alias awet. Rawatlah selalu barang-barang yang berguna dalam keseharianmu, termasuk earphone. Dapatkan info-info dan tips menarik lainnya seputar smartphone dan teknologi, di sini.










Trending

  • {{ trend.numb }}